ilustrasi (net)
ilustrasi (net)

Pekanbaru (SegmenNews.com)– Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru memprakirakan sebagian wilayah di Provinsi Riau berpotensi terjadi hujan lebat.

“Peluang terjadinya hujan yakni sore hari atau malam hari. Potensi terjadinya petir juga cukup tinggi,” kata analis BMKG Stasiun Pekanbaru Yudhistira Mawadah di Pekanbaru.

Lembaga pemantau cuaca itu meriliskan, bahwa ada empat kabupaten/kota di Riau yang berpeluang dilanda hujan lebat atau dengan intensitas tinggi.

Seperti dilansir antarariau bahwa, Empat daerah yang dimaksud adalah Kabupaten Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi, serta Kabupaten Kampar dan Kota Dumai.

Sementara untuk hujan dengan intensitas sedang, menurut BMKG berpeluang terjadi di Kabupaten Pelalawan dan Kota Pekanbaru.

Selebihnya, mulai dari Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Bengkalis, Siak, dan Kabupaten Indragiri Hulu serta Indragiri Hilir hanya berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Analis BMKG juga memprakirakan datangnya angin kencang saat terjadinya peristiwa hujan di sejumlah wilayah kabupaten dan kota tersebut.

Pantauan Antara, sejumlah wilayah di Provinsi Riau khususnya Pekanbaru sebelumnya juga telah sering dilanda hujan dengan intensitas sedang-lebat.

Terakhir peristiwa hujan lebat dengan disertai angin kencang terjadi pada Selasa (8/10), sejak sore hingga malam hari.

Kejadian tersebut membuat sejumlah pepohonan di beberapa kawasan Kota Pekanbaru bertumbangan dan jalanan menjadi tergenang.

Curah hujan yang cukup tinggi dalam sepekan terakhir menjadikan cuaca di Kota Pekanbaru jadi sejuk dan tidak berdebu, padahal biasanya cuaca disiang hari sangat terik dan menyengat.

Hujan juga menyebabkan titik api tidak lagi terlihat dan curah hujan juga tidak sampai menyebabkan penerbangan terhalang atau terjadi penundaan baik mendarat maupun berangkat. ***(dn)