dprd1Siak (SegmenNews.com)– Masalah perbaikan infrastruktur yang masih banyak memerlukan perhatian Pemerintah, mendominasi penyampaian laporan reses II tahun 2012 yang disampaikan 4 Rayon yang ada di Kabupaten Siak dalam sidang Paripurna DPRD Siak Rabu (10/10) di ruang rapat utama gedung Panglima Ghimbam DPRD Siak.

Rayon atau dapil I umpamanya, hampir seluruh bahasannya menyampaikan permohonan perbaikan infrastruktur terutama jalan akses yang dipandang vital disetiap desa dan Kecamatan yang masuk dalam lingkup dapil I yakni Siak, Bungaraya, Sungai Apit dan Mempura.

Sedangkan dari Dapil II yang melingkupi 4 Kecamatan yakni Kerinci Kanan, Koto Gasib, Dayun, Lubuk Dalam dan Sabak Auh. Juru bicara, Robi Cahyadi menyampaikan kondisi infrastruktur di daerahnya bukan hanya karena banyak yang rusak saja, namun dikatakannya ada akses jalan yang belum lagi terjamah aspal walaupun sejengkal.

Senada dengan dapil I dan II, Dapil III juga menyoroti hal yang sama terkait infrastruktur di rayonnya yang meliputi Kecamatan kandis, Minas dan Sungai Mandau, dimana dikatakannya, setakat ini baru 40 persen saja jalan di dapil II yang sudah terjangkau aspal.

Hal yang sama disampaikan juru bicara dapil IV, Suhartono. Ia menyampaikan harapan masyarakat daerahnya terkait perbaikan, pelebaran dan pembenahan infrastruktur jalan seperti jalan raya Minas Perawang yang dinilainya sudah sangat memerlukan sentuhan perbaikan walaupun jalan tersebut berstatus jalan provinsi.

Masalah lain yang juga disampaikan oleh masing-masing dapil dan dinilai bersipat urgen bagi kemaslahatan penghidupan masyarakat, adalah terkait ketersediaan dan pelayanan air bersih, listrik dan kesehatan.

Program Pelayanan Terpadu Kecamatan yang selama ini populer karena dinilai menjadi ‘pemangkas’ birokrasi dalam hal pengurusan adminduk dan perijinan, juga sempat dikritik dan diminta dilakukan evaluasi kembali terutama terkait proses pengurusannya yang masih memakan waktu lama.

Dalam kesempatan tersebut, setiap dapil juga menyampaikan harapannya kepada Pemkab Siak agar dapat menindak lanjuti laporan reses yang telah disampaikan masing-masing dapil karena apa yang disampaikan tersebut merupakan gambaran nyata keinginan masyarakat.

Pimpinan sidang, Zulfi Mursal SH, juga menegaskan tentang perlunya keseriusan Pemkab Siak dalam menyikapi laporan reses Dewan, karena kata dia, selain hal tersebut sebagai gambaran nyata keinginan dan harapan yang ada disetiap benak masyarakat Siak, juga sudah menjadi kewajiban Pemerintah dalam hal memberikan pel