ilustrasi
ilustrasi

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasiubuan MA, menyatakan bahwa tempat pelaksanaan Sholat Iedul Adha di Kab Rokan Hulu yang akan dilaksanakan pada hari Selasa, 15 Oktober 2013, pada 461 titik, yang tersebar di 425 Masjid dan 36 lapangan pada 16 Kecamatan se Rohul.

Demikian dikatakannya kepada wartawan di katornya, Jalan Ikhlas Kompleks Perkantoran Pemerintah, Pasir Pengaraian. Menurutnya, pelaksanaan sholat Iedul Adha 1434 H/2013 M tahun ini, dilakukan serentak tanpa ada perbedaan.

Ahmad Supardi lebih lanjut menyatakan, 461 titik tersebut, tersebar di 16 Kecamatan, sebagai berikut : Kepenuhan 23 Masjid dan 2 Lapangan. Kepenuhan Hulu 17 Masjid. Rambah 20 Masjid dan 1 Lapangan. Rambah Hilir 60 Masjid dan 5 Lapangan.

Rambah Samo 42 Masjid dan 3 lapangan. Bangun Purba 25 Masjid dan 4 lapangan. Tambusai 18 Masjid dan 3 lapangan. Tambusai Utara 52 Masjid dan 3 lapangan. Ujungbatu 27 Masjid dan 4 lapangan. Pagaran Tapah 4 masjid dan 3 lapangan.

Kunto Darussalam 32 Masjid dan 3 lapangan. Bonai Darussalam 12 Masjid. Rokan IV Koto 38 Masjid dan 1 lapangan. Pendalian IV Koto 14 Masjid dan 2 lapangan. Tandun 26 Masjid. Dan Kabun 15 Masjid dan 2 lapangan.

Ditambahkannya, Solat Iedul Adha dilaksanakan secara serentak pada pukul 07.30 WIB di semua titik. Dan untuk itu diperlukan 461 orang Imam, 461 orang Khatib, dan 461 orang Bilal Takbir, ditambah dengan sejumlah orang petugas lainnya yang akan mengatur jalannya sholat Iedul Adha.

Sholat Iedul Adha tingkat Kecamatan dilaksanakan di 16 Masjid Besar Kecamatan dibawah koordinasi Camat, Kepala KUA, Pengurus Masjid Besar Kecamatan, dan Pengurus MUI serta Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan setempat, papar Ahmad Supardi.

Sedangkan Sholat Iedul Adha tingkat Kab Rohul, dilaksanakan di Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pengaraian, dibawah koordinasi Bupati Rohul Drs H Achmad MSi, Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, Pengurus Masjid Agung Madani Islamic centre Pasir Pengaraian, dan Ketua MUI Drs H Hasbi Abduh MA.

Yang bertindak selaku petugas Sholat Iedul Adha di Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pengaraian adalah Imam H Indra Gunawan STHI, Khatib Dr H Masrum Lc MA Dosen UIN Suska Riau, Bilal Sulthanul Hakim, dan Pengatur Tata Tertib Sholat Ahmad Supardi Hasibuan.***(r4n)