belajarSiak (SegmenNews)- DPRD Kabupaten Siak menyatakan Akademi Komunitas untuk warga miskin dalam menempuh pendidikan pada perguruan tinggi dengan biaya murah adalah solusi terbaik.

Untuk itu pemerintah setempat diminta agar merealisasikan Akademi Komunitas tersebut.

“Itu merupakan impian bagi warga miskin yang ingin kuliah, maka Akademi Komunitas adalah solusi terbaik,” kata Ketua DPRD Siak Zulfi Mursan kepada wartawan, Selasa.

Menurut Zulfi bahwa dalam rapat dengan Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Siak, Kadri Yafis dijelaskan secara terinci tentang perencanaan proyek akademi tersebut.

Bahkan rencananya terwujud mulai Januari 2014 dengan tujuan utama menampung warga tidak mampu yang tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi.

Akademi Komunitas tersebut dipersiapkan untuk warga Kabupaten Siak yang tidak mampu secara ekonomi maupun keterbatasan kemampuan intelegensi (IQ).

Dia menambahkan bagi warga yang orang tuanya kaya dan pandai berpeluang masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terkenal.

Namun bagi yang pandai tapi ekonomi orang tuanya terbatas dapat ke PTN favorit dengan jalur beasiswa dan bagi warga ekonomi lemah dan kemampuan ekonomi juga lemah dapat ke Akademi Komunitas.

Dia menambahkan, bahwa pemerintah setempat sudah menyiapkan lahan seluas dua hektar untuk proyek Akademi Komunitas tersebut.

Sedangkan anggaran untuk proyek itu seluruhnya berasal dari pemerintah pusat melalui Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Negeri Kementerian Pendidikan Nasional. ***(ad)