Bupati memaparkan Peningkatan Kabupaten di upacara HUT Rohul ke-14
Bupati memaparkan Peningkatan Kabupaten di upacara HUT Rohul ke-14

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Usia Kabupaten Rokan Hulu bisa dikatakan masih remaja, namun Kabupaten Rokan Hulu kian hari kian menunjukkan jati dirinya. Salah satunya penurunan angka kemiskinan yang kian drastis.

Selama masa kepemimpinan Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi dua periode hingga sekarang angka kemiskinan telah menurun, yang sebelumnya 15,3 persen menurun hingga 9,7 persen. Begitu juga angka pengangguran yang menjadi barometer keberhasilan suatu daerah. Dari 12 persen sekarang ini angka pengangguran di Kabupaten Rohul juga berkurang menjadi 5,7 persen.

Namun disampaikan Bupati saat upacara peringatan HUT Rokan Hulu ke-14 2013 di halaman gedung Bupati dihadapan para perwakilan perbankan, perusahaan, tokoh pemekaran dan tokoh masyarakat Rohul, pejabat Forkompinda serta pejabat di lingkungan Pemkab Rohul, kedepan masih ada beberapa sektor lagi yang akan ditingkatkan untuk mencapai terbaik pada 2016.

Kabupaten Rohul yang dimekarkan dari kabupaten Kampar sejak 12 Oktober 1999 silam ini sudah mampu menunjukan potensi besar di berbagai bidang yakni, bidang pertanian, pertambangan dan obyek wisata.

Di HUT Rohul ke-14 ini, kata Bupati lagi, merupakan masa transisi untuk maju ke yang lebih baik lagi dan peningkatan daerah.

“Pada masa inilah kita meski melakukan evaluasi diri, setelahnya melakukan tahap perencanaan design. Itulah langkah yang perlu diambil dalam meraih sebagai Kabupaten Terbaik di Provinsi Riau Tahun 2016 Dalam Menuju Visi Riau Tahun 2020,” imbuhnya.

Bupati Rohul juga mengatakan penilaian keberhasilan suatu daerah relatif. Penilaian bukan diukur pesatnya pembangunan gedung-gedung megah pencakar langit, namun bagaimana daerah meningkatkan pelayanan publik dan peningkatan program dari berbagai bidang, seperti bidang pendidikan dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) yang handal, meningkatkan kesehatan masyarakat, infrastruktur, ekonomi kerakyatan, pertanian, bidang peternakan dan perikanan, pariwisata, serta bidang lainnya.

Dengan berbagai peningaktan tersebut sehingga Kabupaten Rokan Hulu juga berhasil meraih 26 penghargaan, baik dari Riau maupun Nasional.

“Sudah beberapa kalinya pelayanan kita menjadi terbaik. Daerah itu terbaik bukan karena banyak gedung megah pencakar langit, tapi bagaimana daerah terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kita sendiri sudah beberapa kalinya mendapatkan penghargaan terbaik, baik dari bidang pertanian, koperasi, dan pelayanan pajak,” paparnya.

Upacara HUT tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan 500 murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari Kecamatan Rambah.***(adv/hum)