Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi Ziarah Kubur Tuan Guru Syekh Ibrahim Al-Kholidi  Naghsabandi
Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi Ziarah Kubur Tuan Guru Syekh Ibrahim Al-Kholidi Naghsabandi

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Dengan di peringatinya Haul Syekh Ibrahim Al-Kholidi Nahgsabandi tiap tahun, akan menambah semangat dan motifasi masyarakat dalam nilai-nilai agama terutama tentang sejarah pengembangan agama di Rokan Hulu dan Tarekat Naghsabandi.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi, Rabu (16/10/13) saat Ziarah dimakam tuan Guru Syekh Ibrahim Al-Kholidi Naghsabandi di kegiatan Haul ke-53.

Dilanjutkan Bupati, banyak pelajaran yang bisa diambil dari sejarah pengembangan Tarekat di Rokan Hulu. Para Tarekat juga sangat beradab kepada gurnya. Mereka tak akan melanggar segala petuah guru dan berlaku sopan bertatakrama yang halus. Walaupun para jemaah tarekat jarang berjumpa satu sama lain, namun mereka selalu saling mendoakan para pendahulunya.

Masyarakat Rokan Hulu harus berbangga, karena ada tuan guru besar peneyebar agama Islam dan Tarekat dan ulama-ulama besar yang lahir di Rokan Hulu. Perjuangan mereka tak begitu saja, berbagai rintangan juga dilalui dalam pengembangan agama yang dilalui.

“Momentum Haul Syekh Ibrahim ini dapat menambah semangat para generasi, selain bernilai sejarah mereka juga bisa mengembangkan dan mengetahui lebih dalam lagi tentang ajaran tarekat,” papar Bupati.

lanjut Bupati, dengan adanya pengetahuan tareakt tersebut sehingga masyarakat terdorong untuk menyekolahkan putra-putri mereka dibidang agama.

Bupati juga berharap, do’a yang dipanjatkan dapat diterima oleh allah SWT, dan disampaikan kepada yang diniatkan, juga kepada ahli kubur disekitar pemakaman.

“Acara puncak Haul Syekh Ibrahim Al-Kholidi Naghsabandi akan dilaksanakan besok (Kamis-red) sekitar pukul 9:00 Wib di Surau Suluk Syekh Ibrahim,” terang bUpati.

Acara ziarah kubur dalam rangkaian kegiatan Haul Syekh Ibrahim Al-Kholidi Naghsabandi dihadiri oleh Sekda, Damri, pejabat dan para jemaah tarekat Naghsabandi. (adv/hum)