ilustrasi
ilustrasi

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Untuk menghindari terjadinya penumpukan raskin dan segala kendala dalam penyaluran beras miskin di Kota Pekanbaru. Pemerintah Kota Pekanbaru akan melakukan koordinasi dengan pihak Kelurahan.

Pasalnya, dalam waktu dekat badan Urusan Logistik (Bulog) bakal menyalurkan raskin.

Kepala Bidang Perekonomian Masriah, saat di konfirmasi,Rabu (16/10) menyatakan, usulan tersebut baik adanya. Karena selain membantu kebutuhan masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru juga menghindari keterlambatan penyaluran raskin menjelang tutup buku akhir tahun.

“Karena kalau terlambat lewat tahun sisa raskin tahun ini tidak bisa di cairkan tahun depan jadi semua pagu harus habis,” ujar Masriah.

Ia juga menjelaskan jika usulan bulog ini di sepakati maka Pemko akan mengeluarkan Surat Perintah Alokasi (SPA) sekaligus tiga bulan. “Memang rencananya mereka akan sosialisasi dulu didampingi oleh pihak Kelurahan. Ini untuk mengetahui animo dan kemampuan Kelurahan dan Rumah Tangga Sasaran (RTS) membeli Raskin secara sekaligus 3 bulan yakni Oktober,November danDesember,” tandasnya.

Masriah menambahkan,pada prinsipnya Pemko siap menerbitkan SPA sekaligus tiga bulan. Karena tok beras juga banyak di Bulog.
“Jadi Pemko masih akan bahas kalau bisa cepat lebih bagus. Setelah itu kita akan tanyakan apa Lurah sanggup atau tidak agar tidak terjadi penumpukan. Kalau biasanya hanya di kenakan Rp24 ribu perbulan, maka bisa jadi Rp.72 ribu untuk 3 bulan,” tandasnya.

Terkait penyaluran raskin 13,14 dan 15 sudah tuntas seratus persen. Untuk raskin 13 dan 14 disalurkan Juni, Juli sementara raskin 15 disalurkan bulan September. (den/ur)