Situs Kemenag Riau
Situs Kemenag Riau

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau melalui Sub Bagian Informasi dan Humas menetapkan Kantor Kemeneterian Agama Kabupaten Rokan Hulu sebagai peringkat pertama untuk pengiriman informasi berbentuk berita kegiatan ke riau.kemenag.go.id Situs atau Website resminya Kemenag Provinsi Riau.

Hal itu disampaikan langsung Kepala Sub Bagian Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau,H.Mansyur di hadapan peserta Workshop Jurnalistik Keagamaan tahun 2013 di Hotel Angkasa Garden Jalan Setia Budi Pekanbaru, Minggu (20/10).

Disampaikan Mansyur, berdasarkan evaluasi dan penilaian Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Riau, Kemenag Kab. Rokan Hulu mengirimkan informasi berbentuk pemberitaan kegiatan pada tahun 2012 sebanyak 413 berita. Dengan demikian katanya, Kemenag Rokan Hulu merupakan peringkat pertama atau yang terbanyak dari 11 Kemenag Kab/Kota lainnya yang mengirimkan berita ke website kemenag Riau.

Lebih lanjut Mansyur memberikan apresiasi yang tinggi atas keseriusan dan kerja keras Kemenag Rokan Hulu dalam upaya menyebarluaskan informasi kegiatan dilingkunganya sesuai dengan amanat UU No 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Lebih lanjut Mansyur mengharpkan kepada Kemenag Kab/Kota lainnya bisa menjadikan Kemenag Rokan Hulu sebagai contoh dalam penyebaran informasi ke publik. ‘’Kita berharap apa yang dilakukan Kemenag Rokan Hulu ini dapat dijadikan contoh bagi Kemenag Kab/Kota lainnya,’’ujar Mansyur.

Menanggapi itu, Pengelola Kehumasan Kemenag Kab. Rokan Hulu, Sopian Hadi,S.Hum merasa gembira dan mengucapkan terima kasih atas hasil evaluasi dan penilaian Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Riau yang menempatkan Kemenag Rokan Hulu sebagai peringkat pertama pengiriman informasi berita ke situs resminya Kanwil Kemenag Riau.

Sopian menganggap ini merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada Kemenag Rokan Hulu yang mesti disyukuri dengan tekat akan lebih meningkatkan lagi fungsi kehumasan dan penyebaran informasi di lingkungan Kemenag Rokan Hulu.

Lebih lanjut Sopian mengungkapkan, keberhasilan Kemenag Rokan Hulu mariah peringkat pertama pengiriman informasi pemberitaan kegiatan ke Website resmi Kanwil Kemanag Riau ini tidak terlepas dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Rokan Hulu,Drs.H.Ahmad Supardi,MA yang sangat memberikan perhatian yang tingi serta berperan langsung melaksanakan UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Mengutip pernyataan Ahmad Supardi, selain melaksanakan UU No 14 tahun 2008 tersebut , penyebaran informasi kegiatan tersebut merupakan bentuk pemberitahuan kepada masyarakat bahwa Kementerian Agama Rokan Hulu eksis atau tidak hanya diam dan ikut berkiprah dalam rangka menciptakan kehidupan beragama dan keagamaan di tengah masyarakat.

Untuk diketahui hasil evaluasi dan penilaian Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Riau tentang pengiriman berita tahun 2012, Kemenag Rokan Hulu sebanyak 413 berita, Kemenag Kampar sebanyak 198 berita, Kuansing 121 berita, Inhil 116 berita, Dumai 89 berita, Bengkalis 61 berita, Siak 53 berita, Pekanbaru 30 berita, Pelalawan 22 berita, Inhu 10 berita, Rohil 2 berita dan Meranti sebanyak 1 berita.(rls)