dr Wildan Asfan Hasibuan, MKes
dr Wildan Asfan Hasibuan, MKes

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Seperti tahun-tahun sebelumnya, jika musim hujan Kabupaten Rokan Hulu bakal kedatangan tamu yang akan merendam sejumlah rumah dan perkebunan di beberapa Kecamatan dan Desa di Rohul.

Untuk itu, Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rokan Hulu bersiaga guna mengantisipasi gangguan kesehatan masyarakat akibat banjir seperti diare, demam berdarah dan lainnya. Setiap puskesmas dikecamatan telah disurati pihak Diskes agar terus memantau musibah banjir dan mendirikan posko-posko kesehatan.

“Kita tetap siaga, kalau terjadi banjir. Kita juga sudah mengirimkan surat tentang siaga dan mendirikan posko-posko kesehatan di setiap kecamatan dan Desa yang terkena banjir,” ungkap kadiskes, dr Widan Asfan Hasibuan, MKes kepada SegmenNews.com, Selasa (22/10/13).

Dilanjutkan Wildan, pendirian posko tersebut bekerjasama dengan pihak BPBD Rohul. Logistik kesehatan disediakan untuk mengatasai berbagai penyakit.

Sebutnya, Rokan Hulu saat ini memiliki sebanyak 21 Puskesmas yang tersebar di 16 Kecamatan, dan tersedia 144 Poskesdes. Hanya 6 Desa lagi yang belum memiliki Poskesdes.

“Kita sudah canangkan di tahun 2014 mendatang sisa 6 Desa lagi sudah memiliki Poskesdes untuk melayani kesehatan masyarakat,” komit Wildan.***(r4n)