ilustrasi
ilustrasi

Pangkalan Kerinci (SegmenNews.com)- Jalan di pintu masuk Arbes, Kecamatan pangkalan Kerinci, kabupaten Pelalawan kian hari semakin tak karuan, lintasan masyarakat yang dulu masih bisa dilalui kini telah menjadi bak kubangan kerbau.

Walaupun jalan tak layak dilalui, warga tetap memaksa lewat. Pada akhirnya tak jarang warga terjatuh dari sepeda motornya, bahkan siswa yang nekad masuk kedalam lumpur agar bisa sampai ke sekolah harus merasakan sakitnya jatuh kedalam lumpur.

“Dulunya loban itu kecil, tapi makin lama makin besar. Bukan saja orang sulit lewat pakai motor, tapi anak-anak pergi sekolah yang jalan kaki harus terjebak dan terjatuh ke kubangan lumpur itu,” papar, Sipen salah satu warga Arbes tadi pagi.

Pengakuan warga lain, Subagio bahwa kerusakkan jalan itu sudah terjati setahun lalu. Hingga saat ini tak ada upaya perbaikan dari Pemda setempat. Padahal jalan itu, satu-satunya akses jalan masyarakat yang bermukin di jalan Arbes sebanyak 600 Keluarga.

“Memang kami sering memperbaiki jalan dengan swadaya, tapi kami tak sanggup membuat jalan itu maksimal. Kita harapkan Pemda segera memperbaiki jalan itu,” harapnya sangat.

Terkait kerusakan jalan tersebut, Ketua RW setempat, Yunan mengakui jalan rusak akibat air tergenang, sebab jalan itu minim drenaise. Akibatnya jika hujan turun pasti susah dilalui.

“Kita sebelumnya sudah mengajukan permohonan ke Pemintah Daerah agar secepatnya jalan masuk ke Arbes secepatnya di perbaiki. Sebab masyarakat sangat membutuhkannya,” imbuhnya. (fin)