hajiRokan Hulu (SegmenNews.com)- Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) Kantor Kemenag Rohul, dan instansi terkait lainnya, serta panitia pelaksana penyambutan JH Rohul, telah siap menyambut kedatangan Jamaah Haji (JH), baik di Bandara Hang Nadim Batam, di Asrama Haji Debarkasi Batam, maupun di Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian Kab Rohul.

Demikian hasil rapat panitia penyambutan JH Rohul, yang dipimpin oleh Bupati Rohul Drs H Achmad MSi yang diwakili oleh Asisten II Setda Rohul H Syaiful Bahri SSos MSi, dan Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, Selasa (22/10/13) bertempat di Aula Lantai II Kantor Bupati Rohul, Pasir Pengaraian.

Ahmad Supardi Hasibuan melaporkan bahwa 210 JH Rohul, telah selesai melaksanakan ibadah haji di Makkatul Mukarromah dan Madinatul Munawwaroh, baik rukun, syarat maupun yang sunnat-sunnatnya. Mereka semua telah melaksanakan wukuf, mabit di Muzdalifah, Melontar Jumroh di Mina, Thowaf Ifadhah, dan Sa’i pada tanggal 9 s/d 13 Zulhijjah 1434 H atau 14 s/d 18 Oktober 2013 yang lalu.

Terkait dengan kondisi JH Rohul saat ini, semuanya dalam keadaan sehat wal afiat, sekalipun sebelumnya ada yang sakit dan sempat dirujuk ke Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Madinah dan juga BPHI Makkah. Sekarang kesehatannya sudah membaik, dan sudah berada di pemondokan masing-masing, yaitu An-Nawal Golden Hotel, daerah Jumaizah.

Ahmad Supardi lebih lanjut melaporkan bahwa tercatat Bapak Siabah bin Yakub Lubis dari Kec Rambah dan Bisri Mustofa dari Kec Rambah Hilir, sempat dirawat di BPHI Madinah dan Makkah, namun keduanya sudah cukup sehat, dan telah dapat melaksanakan aktifitas sebagaimana biasanya.

Ahmad Supardi menhyatakan bahwa JH Rohul akan berangkat dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi pada tanggal 1 November pukul 22.05 WAS dan akan tiba di Bandara Hang Nadim Batam pada tanggal 2 Nopember pukul 11.05 WIB, serta JH tersebut akan diterbangkan ke Pasir Pengaraian tanggal 3 November.

JH Rohul akan diterbangkan dalam lima kali penerbangan, pertama pukul 07.00 Wib 45 orang, kedua 07.30 Wib 50 orang, ketiga 10.20 Wib 50 orang, Keempat 10.50 Wib 50 orang, dan kelima 13.40 Wib 16 orang. JH tersebut akan disambut langsung oleh Bupati Rohul Drs H Achmad MSi, Wakil Bupati Rohul, Forkopimda, Ketua MUI Rohul Drs H Hasbi Abduh MA, Ketua LAMR Rohul Drs HT Rafli Armen, Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, dan panitia yang lainnya.***(r4n)