rapat baz rohulRokan Hulu (SegmenNews.com)- Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, menyatakan bahwa pihaknya optimis Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Rohul, akan mencapai target pengumpulan tahun 2013 senilai Rp 3 Milliar, sebab sampai dengan bulan September, pengumpulan telah mencapai Rp 2,3 Milliar.

Demikian disampaikan Kakan Kemenag Rohul selaku Ketua Dewan Pembina BAZNAS Rohul, usai rapat pengurus BAZNAS Rohul, Rabu (23/10/2013) bertempat di kantor BAZNAS Rohul, Jalan Diponegoro, Pasir Pengaraian.

Rapat tersebut dihadiri oleh Kakan Kemenag Rohul selaku Ketua Dewan Pembina, Ketua BAZNAS Ir H Samrikardo MSi, Sekretaris Elfalisman Sag, H Erkat Siregar SSos, Kasubbag pada Kesra Rohul H Anizar Sag, para Ketua Bidang seperti H Abd Rahman Jailani Sag, H Rusli MSy, H Rasmin Lubis Lc MA, dan pengurus lengkap lainnya.

Ahmad Supardi mengharapkan agar waktu yang masih tersisa 3 bulan ini, dapat ditingkatkan sosialisasi dan penyadaran umat, sehingga para orang kaya tergerak hatinya untuk membayar zakat, sebab zakat adalah kewajiban yang melekat pada setiap diri umat Islam yang berpunya.

Berdasarkan evaluasi yang dilakukannya, Pengumpulan zakat yang dilakukan BAZNAS Rohul selama ini, kebanyakan dan bahkan pada umumnya bersumber dari para pejabat dan PNS di lingkungan Pemkab Rohul. Sedangkan dari sisi masyarakat, pengusaha, para professional, perusahaan swasta, hampir belum tersentuh sama sekali, tegas Ahmad Supardi.

Ketua BAZNAS Rohul Ir H Samrikardo MSi, menyatakan bahwa pihaknya telah berupaya secara maksimal untuk mensosialisasikan tentang zakat ini, kepada seluruh lapisan masyarakat, baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui media massa yang beredar di Rohul.

Samrikardo yang juga Staf Ahli Bupati Rohul ini menyatakan, bahwa Pihak BAZNAS juga gencar turun ke desa-desa, melihat potret kemiskinan yang perlu dibantu oleh BAZNAS. BAZNAS telah memberikan bantuan ratusan juta rupiah untuk fakir miskin yang bersifat konsumtif dan juga yang bersifat produktif. BAZNAS bahkan membantu fakir miskin membangun rumah, yang penting tanahnya ada.

Tahun ini saja, BAZNAS Rohul membangun 18 unit rumah untuk fakir miskin, papar Samrikardo. ***(r4n/rls)