Wabup Sial Alfedri membuka acara rakor pengendalian penyakit menular
Wabup Sial Alfedri membuka acara rakor pengendalian penyakit menular

Siak (SegmenNews.com)- Wakil Bupati (Wabup) Siak Alfedri menegaskan agar semua pihak dapat mengawasi produk-produk berpotensi penyebaran penyakit hewan kemanusia atau disebut ‘Zoonosis’.

“Ancaman zoonosis, perlu dikendalikan karena dalam kondisi tertentu berpotensi menjadi wabah atau pendemi. Untuk itu perlu pengawasan produk-produk berpotensi sebagai penyebaran penyakit itu,” papar Wabup Siak, Alfedri, Kamis (24/10/13) saat membuka Rakor Komisi Daerah Pengendalian Penyakit menular hewan ke manusia.

Produk yang perlu diawasi tersebut seperti, peredaran daging sapi, telur, susu, daging ayam, ayam hidup, pupuk kandang dan lainnya, karena semua produk tersebut sangat berpotensi untuk menyebarkan penyakit, terutama yang dapat menular kepada manusia.

Dijelaskannya lagi, dengan adanya Rakor zoonozis ini diharapkan bisa meningkatkan pemahaman dan menyamakan persepsi tentang pengendalian zoonozis, dan tersosialisasikannya KPZ di Kabupaten Siak. Wabup Alfedri dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan rakor dan sosialisasi ini sangat penting dan strategis dalam rangka meningkatkan keterpaduan antar komponen yang terlibat dalam KPZ.

Sementara yang terjadi di Kabupaten Siak sampai dengan tahun 2013 adalah penyakit Rabies dan penyakit Flu Burung, sedangkan penyakit hewan lainnya juga banyak terjadi tidak menular ke manusia. Untuk kasus rabies sampai bulan oktober adalah 16 kasus dan Flu Burung sebanyak 7 kasus. Dalam hal ini pemerintah kabupaten Siak telah melakukan upaya melalui Biosekuriti, sosialisasi, vaksinasi, eliminasi terhadap hewan penular rabies.

“Saya berharap, Rakor ini dapat mempersatukan persepsi dalam hal pengendalian dan penanggulangan penyakit zoonosis sehingga dapat menekan kasus-kasus zoonosis di kabupaten Siak khususnya,” ungkap Alfedri.

Acara tersebut ditaja oleh Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakkanlut) Siak, berlangsung di ruang Raja Indra Pahlawan kantor Bupati Siak. Dan yang menjadi narasumbernya langsung Kepala Disnakkanlut Siak Susilawati, dan para anggota Komisi Pengendalian Zoonosis (KPZ), camat dan relawan kader zoonosis desa.***(rinto/adv/hms)