ilustrasi
ilustrasi

SegmenNews.com- Jepang kembali dilanda gempa. Kali ini, gempa berkekuatan 7,1 skala Richter menghantam pantai timur Jepang. Pusat gempa berada di kedalaman sekitar 10 meter dengan jarak sekitar 320 kilometer dari lepas pantai.

Dilaporkan laman BBC hari ini, gempa yang terjadi pada sekitar pukul 02.10 waktu Jepang ini semula dikhawatirkan menimbulkan tsunami. Namun, hanya tsunami kecil, yakni dengan ketinggian 1 meter. Pada akhirnya, diketahui bahwa gempa hanya menimbulkan gelombang sekitar 30 sentimeter.

Gelombang akan menghantam pantai timur Jepang, tempat pembangkit listrik Fukushima berada. Semua pekerja di pembangkit listrik langsung diminta untuk meninggalkan lokasi dan berlari ke dataran yang lebih tinggi.

Untungnya, peringatan tsunami dicabut dua jam kemudian. Juru bicara Fukushima juga mengatakan tidak ada kerusakan yang ditimbulkan gempa dan gelombang ini.

Badan Meteorologi Jepang menuturkan, meski ada sedikit perubahan permukaan laut di wilayah pesisir, hal ini tidak akan berpengaruh besar.***(BBC/tempo)