sawitPekanbaru (SegmenNews.com)- Harga tandan buah segar sawit (TBS) Riau untuk umur sepuluh tahun ke atas periode seminggu ke depan tercatat sebesar Rp1.770,40/kg atau naik Rp37,98/kg dibandingkan dengan harga minggu lalu sebesar Rp1.732,42/kg.

“Kenaikan harga TBS sawit Riau tersebut dipengaruhi meningkatnya permintaan CPO dari Malaysia sementara stok mereka berkurang,” kata Karya Muslimat, Sekretaris Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit (ASPEK)- Perkebunan Inti Riau (PIR), Selasa (29/10/2013).

Menurut dia, kenaikan harga CPO Riau tersebut juga akan terus naik hingga Januari dan Februari 2014 bersamaan dengan masuknya Natal dan Tahun Baru, dan Hari Raya Imlek.

Pada saat ini, katanya lagi, permintaan CPO Riau juga terus meningkat sekaligus memicu naiknya harga TBS CPO tersebut sementara itu produksi buah menurun karena dipengaruhi oleh musim.

“Bahkan di Malaysia pasokan CPO inetrnasional berkurang sehingga ekspor CPO Riau langsung ke India, sekaligus mendongkrak harga CPO Riau tersebut,” katanya dilansir dari antara.***(ant)