ilustrasi
ilustrasi

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Sukri Harto, menginstruksikan Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru dan lurah se-Kota Pekanbaru untuk mengevaluasi data penerima beras miskin (raskin).

Instruksi tersebut menyikapi banyak penyaluran raskin yang salah sasaran. Dengan adanya evaluasi diharapkan penyaluran raskin di Pekanbaru ke depannya lebih tepat sasaran atau sesuai dengan rumah tangga sasaran (RTS) yang terdaftar sebagai penerima raskin tersebut.

“Penyaluran raskin harus terus dimonitor, terus dipantau dan jelang setiap akhir tahun harus dievaluasi untuk memperbaiki kelemahan yang masih terdapat,” katanya usai melakukan monitoring raskin diempat Kecamatan yang ada di Pekanbaru, Selasa (29/10).

Menurut Syukri, Selain data penerima, evaluasi itu juga harus dilakukan untuk kualitas beras, jumlah beras dan waktu penyaluran raskin itu sendiri.

“Sistem penyaluran saat ini seperti apa, kondisi berasnya bagus atau tidak, apakah sudah tepat sasaran atau belum itu harus di inventarisir semua,” jelasnya.

Untuk pendataan warga sebagai penerima raskin pada 2014 mendatang, Sukri mengaku memiliki rumus khusus yang dinilai lebih efisen dan tepat sasaran.apalagi untuk kriteria rakyat miskin itu atau penerima raskin terbaru sudah keluar dari Kementrian Kesra tidak lagi 14 kriteria menjadi 26 kriteria .

“Saya sudah punya rumus khusus dan nanti saya ajarkan kepada petugas bersangkutan, di samping bekerja sama dengan BPS (Badan Pusat Statistik) yang sejauh ini dipercaya pemerintah untuk melakukan pendataan warga sebagai penerima raskin tersebut,” ucapnya.

Saat ini ada sekitar 20.7741 RTS yang berhak atas beras raskin. Perbulannya RTS mendapatkan 15 kg beras.***(nur/war)