ilustrasi
ilustrasi

SegmenNews.com- Luka tersayat pisau, lecet karena terjatuh atau tersengat lebah tidak harus selalu diatasi dengan obat penyembuh luka yang banyak beredar di apotek atau toko farmasi. Jika kehabisan obat antiseptik, luka serta rasa sakit ringan bisa disembuhkan dengan bahan-bahan alami yang bisa Anda temukan di rumah. Syeda Kirain Zahra Hussain, seorang terapis nutrisi holistik dan konsultan kesehatan dari Amerika Serikat memberikan beberapa tips sembuhkan luka tanpa obat, seperti dikutip dari Health Me Up.

1. Luka Sayatan
Jari yang tersayat pisau saat memotong bahan-bahan makanan di dapur, atau lecet karena terjatuh bisa disembuhkan dengan madu. Selain kaya nutrisi, madu murni juga berkhasiat sebagai desinfektan. Oleskan sedikit madu murni pada bagian yang luka, diamkan selama beberapa menit lalu tutupi sayatan dengan plester luka. Ulangi mengoleskannya beberapa kali dalam sehari.

2. Serangan Koloni Lebah
Kadang nasib sial bisa terjadi, Anda diserang koloni lebah karena tak sengaja mengusik sarangnya. Sengatan koloni lebah menimbulkan sakit yang sangat mengganggu dan terasa panas. Setelah diserang koloni lebah, redakan sakit dengan mandi air dingin yang telah dicampur secangkir oatmeal. Perawatan ini akan membantu Anda meredakan sakit, gatal dan bengkak. Lakukan perawatan ini minimal 30 menit.

3. Tersengat Lebah
Untuk menyembuhkan sengatan lebah, ikatkan kain bersih tepat di bawah area yang tersengat. Hancurkan bawang merah hingga membentuk pasta atau jus, ambil handuk kecil dan celupkan ke dalam jus bawang merah. Kemudian tepuk-tepukkan handuk ke atas luka sengatan. Cara ini akan membantu mempercepat penyembuhan dan meringankan rasa sakit.

4. Gatal-gatal Pada Kaki
Jika mengalami gatal-gatal pada telapak kaki, coba redakan dengan merendamnya di dalam air teh hangat. Teh mengandung tanin acid yang meredakan gatal hingga rasa sakit dilansir wolipop.com.***(wl)