Salah satu ruas jalan rusak di Riau
Salah satu ruas jalan rusak di Riau

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Pemerintah Provinsi Riau membutuhkan dana Rp1,29 triliun per tahun untuk pemeliharaan jalan sepanjang 3.033,32 km.

“Beban pemeliharaan jalan cukup berat apalagi dengan kondisi geografis dan arus lalulintas yang melebihi kapasitas daya dukung jalan, sehingga kebutuhan anggaran diperkirakan lebih dari itu,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Zaini Ismail kepada wartawan, Kamis (31/10/2013).

Menurut dia, anggaran sebesar Rp1,29 triliun itu belum termasuk kebutuhan untuk peningkatan struktur jalan dari struktur fleksibel ke struktur rigid.

Ia mengatakan, pada beberapa tahun terakhir Riau juga telah meningkatkan struktur jalan menjadi rigid pada beberapa ruas jalan melalui pola tahun jamak.

“Perubahan struktur jalan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan umur konstruksi jalan sehingga memberikan kontribusi positif dalam pengembangan wilayah di Provinsi Riau,” katanya.

Sementara itu, begitu besarnya kebutuhan anggaran untuk penanganan jalan tersebut, maka Pemerintah Provinsi Riau mengambil kebijakan dengan menggunakan skala prioritas yakni dalam kondisi mendesak dan strategis.

Untuk menyikapi kekurangan anggaran penanganan jalan tersebut maka Pemerintah Provinsi Riau tiap tahun selalu berusaha untuk mendapatkan tambahan anggaran dari berbagai sumber antara lain APBN dan sumber-sumber lainnya sehingga fungsional jalan-jalan provinsi tetap maksimal.***(rn)

sumber: antara