pelatihan imamRokan Hulu (SegmenNews.com)- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) taja pelatihan Imam bagi 50 Imam Masjid/Langgar/Musholla se Kec Rokan IV Koto, Kamis (31/10/2013) bertempat di Masjid Al-Istiqomah Rokan Koto Ruang Kec Rokan IV Koto.

Hadir dalam acara tersebut Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, Ketua BAZNAS Rohul Ir H Sam Rikardo MSi, Sekretaris BAZNAS H Elfalisman SAg, Kepala KUA Rokan IV Koto Faizil SAg MA, Imam Masjid Besar Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pengaraian H Azhar Darma SE.

Hadir juga dalam acara tersebut adalah Kasi Penyelenggara Syari’ah H Abd Rahman Jailani SAg, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, Pengurus dan Imam Masjid, serta umat Islam lainnya dari Kec Rokan IV Koto.

Bertindak selaku pemateri dalam acara tersebut adalah Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA tentang Kebijakan pembinaan kemasjidan, Ketua BAZNAS tentang Fungsi dan Peran BAZNAS dalam pembinaan keagamaan dan kemasjidan.

Turut serta memberikan materi pengarahan ialah Kasi Penyelenggara Syari’ah H Abd Rahman Jailani tentang Peranan Imam Masjid di dalam dan di luar masjid. Imam Besar Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pengaraian H Azhar Darma SE tentang Bacaan dan Tahsin seorang Imam.

Ahmad Supardi Hasibuan, dalam pengarahannya menyatakan, masjid, langgar, dan musholla adalah sarana prasarana keagamaan yang sangat besar manfaatnya dan memegang peranan penting dalam pembinaan kemasyarakatan umat, baik dalam menjaga aqidah umat maupun peningkatan kualitas ibadah umat.

Makanya kita tak perlu heran, mengapa bangunan pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW ketika melakukan hijrah dari Kota makkah ke Kota Madinah adalah masjid yang dikenal dengan Masjid Quba, sebab semua pembinaan dan pembangunan umat adalah berbasis dan dimulai dari masjid.

Sam Rikardo menyatakan, BAZNAS Rohul dari tahun ke tahun selalu melaksanakan kegiatan pembinaan imam masjid. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas seorang imam, sebab seorang imam adalah imam dalam semua sector kehidupan, baik di dalam masjid maupun di luar masjid.

Pada kesempatan tersebut, Ketua BAZNAS Provinsi Riau Drs H Auni M Noor MM, serahkan bantuan BAZNAS Riau untuk fakir miskin di Kec Rokan IV Koto senilai Rp 100 juta. Auni berpesan agar bantuan ini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas kehidupan umat.***(r4n/rls)