Bupati Rohul, Drs H Achmad Msi, Wabup Ir Hafith Syukri MM dan pejabat Pemkab Rohul menyaksikan pawai 1 Muharram
Bupati Rohul, Drs H Achmad Msi, Wabup Ir Hafith Syukri MM dan pejabat Pemkab Rohul menyaksikan pawai 1 Muharram

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi melepas pagelaran Pawai 1 Muharram 1435 Hijriah tahun 2013 di depan Purna MTQ, Selasa (5/11/13) pagi. Sebanyak 30 ribuan peserta pawai memadati sepanjang jalan Kota PasirPangaraian.

Peserta terdiri dari siswa-siswi SD hingga tingkat SLTA. Mereka menampilkan berbagai fariasi kreatif keagamaan, seperti berpenampilan seorang syekh, rombongan Hafiz dan Hafizah, alim ulama, Pondok Pesantren, pegawai, petani, alat-alat tradisional khas Rokan Hulu dan masih banyak karya kreatif lagi yang ditampilkan.

Diacara itu Bupati menyampaikan, pawai ini adalah acara penyambutan 1 Muharram, dan dimulainya berbagai kegiatan pekan Muharram seperti, Musabaqoh Qur’an antar kepala Dinas dan Pejabat, Cerdas Cermat antar siswa, Rebana, MTQ antar siswa serta lomba bernuansa Islam lainya. Pemkab Rohul juga menyediakan total hadiah Rp 150 juta plus hadiah Umroh ke tanah suci Mekah.

“Pekan 1 Muharram ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Rohul dalam menyemarakan syiar Islam di Negeri Seribu Suluk ini. Berbagai kegaiatan keagamaan akan dilaksanakan selama enam hari. Malam puncak kegiatan pekan Ramadan nanti rencananya akan di isi dengan tausiah agama oleh Othman Syihab,” papar Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Rohul, HM Zen, MPd tak menyangka peserta yang ikut pawai membludak dari pendaftaran sebelumnya. Hal itu membuktikan Masyarakat maupun siswa-siswi dan para guru antusias mengikuti pawai 1 Muharram sebagai tahun baru Islam ini.

Disisi lain, pihak kepolisian maupun Satpol-PP terpaksa bekerja ekstra untuk mengamankan kelancaran kegiatan pawai tersebut dari ramainya masyarakat yang menyaksikan pagelaran maupun kelancaran lalu lintas. Dishub terpaksa mengalihkan kendaraan untuk satu lajur.

Pawai tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas, Badan dan Kantor serta pegawai dilingkungan Pemda Rokan Hulu.***(adv/hum)