H. Azwar, Wakil Ketua DPRD Siak
H. Azwar, Wakil Ketua DPRD Siak

Siak (SegmenNews.com) – Wakil Ketua DPRD Siak, H. Azwar meminta agar proyek pembangunan jaringan listrik ke arah Simpang Gelombang hingga pos terpadu kecamatan Kandis sepanjang kurang lebih 5 KM, yang hingga kini masih terbengkalai, untuk kembali dilanjutkan Pemkab Siak melalui pengajuan anggaran di APBD Siak tahun 2014.

“Supaya masyarakat sekitar segera menikmati penerangan listrik PLN maka Pemkab Siak melalui Dinas Pertambangan dan Energi agar menganggarkan dana untuk kelanjutan pembangunan jaringan listrik di wilayah tersebut di APBD 2014 mendatang,” katanya, Kamis (7/11-2013) di kantor DPRD Siak Gedung Panglima Ghimbam.

Menurut Azwar, seharusnya pembangunan jaringan listrik di daerah tersebut selesai tahun 2013 ini. Namun entah kenapa, pengerjaannya melebar ke simpang Belutu sehingga jaringan ke wilayah simpang Gelombang menjadi tidak tuntas.

Saat ini, kata Azwar lagi, PLN sudah menyediakan daya, dan tinggal lagi Pemkab Siak untuk menyiapkan jaringan listriknya. Hal ini penting karena listrik menyangkut hak dasar masyarakat yang pemenuhannya menjadi kewajiban pemerintah sebagaimana kebutuhan air bersih, pemukiman layak huni dan lain-lain.

“Bila hak dasar masyarakat sudah terpenuhi, maka hal ini akan menjadi indikator suksesnya pemerintah dan menjadi sarana bagi peningkatan kualitas masyarakat karena sangat erat kaitannya dengan sektor perekonomian, kesehatan dan lain-lain” tuturnya.

Kemudian, dalam hal pemenuhan hak-hak dasar masyarakat, terusnya, juga sangat berhubungan dengan peningkatan pelayanan masyarakat. Apalagi kebutuhan listrik di era kekinian sudah menjadi hal yang sangat penting guna mengimbangi kemajuan teknologi, dan mendorong peningkatan pelayanan pemerintah ke masyarakat mengingat di tengah masyarakat ada kantor desa, kantor camat, UPTD, Puskesmas dan lain-lain yang sangat memerlukan listrik dalam memberikan pelayanan.