u 19Segmen Bola- Timnas Indonesia U-19 sedang menjalani masa pemusatan latihan jangka panjang di Batu, Malang, dalam persiapan menghadapi Piala Asia 2014, Myanmar. Untuk memperlancar program tersebut, Garuda Jaya setidaknya membutuhkan dana sekitar Rp30 miliar.

Sekretaris Badan Tim Nasional, Sefdin Syaifudin, mengatakan pihaknya sudah menghitung semua kebutuhan yang diperlukan untuk timnas U-19. Digambarkan olehnya, setiap orang yang menghuni timnas U-19 setidaknya mendapatkan biaya akomodasi sebesar Rp600 ribu per malam. Dan di skuad asuhan Indra Sjafri, sedikitnya terdapat 50 orang.

“Kira-kira dalam sehari bisa keluar dana sekitar Rp 30 juta. Tapi itu belum termasuk uang saku per pekan dan pindah pelatnas seperti tiket,” ujar Sefdin.

“Estimasi biaya untuk TC selama satu tahun mencapai Rp 30 miliar,” jelas dia.

Diakui oleh Sefdin, BTN memang sedang membutuhkan dana besar untuk menjalankan beberapa programnya. Selain sedang berusaha untuk memenuhi kebutuhan timnas U-19, BTN juga sudah mengeluarkan biaya besar untuk menghidupi kegiatan timnas senior. Dana lebih dari Rp1 miliar harus dikeluarkan oleh BTN untuk memberangkatkan timnas senior ke Korea Utara dan China.

“Dana Rp1 miliar hanya tiket pesawat saja belum kebutuhan lainnya,” kata Sefdin.

“Untuk biaya sekali makan di Hotel Rp8 juta. Ada biaya ekstra yang diminta dari pihak Hotel karena kami meminta makanan halal dan berbeda dari tamu lainnya,” tambahnya.***(hs)

sumber: viva