kepitingBengkalis (SegmenNews.com)- Pemerintah Kabupaten Bengkalis terus meningkatkan potensi kepiting soka dan kepiting cangkang lunak di daerahnya guna menuju sentra kepiting di Riau. Apalagi saat ini perusahaan dari Negara Singapura siap memesan 3 Kontainer Kepiting.

“Pengusahan dari Singapura dan juga Batam, Tanjungpinang, berminat memesan 3 kontainer kepiting lunak setiap bulan. Hal ini merupakan sebuah peluang bagi nelayan Kabupaten Bengkalis untuk memenuhi pesanan dari pengusaha tersebut,” ungkap Bupati Bengkalis, Herliyan saleh, Jum’at.

Kata Bupati, minat pesan kepiting dari salah satu perusahaan di Singapura itu saat mereka menyaksikan pameran Sumatera Expo 2013 di Batam dengan menampilkan Bengkalis Fried Crab (BFC). Produk panganan dari kepeting lunak bengkalis sangat diminati pengunjung lokal maupun mancanegara yang datang ke Sumatera Expo tersebut.

“Kita merupakan pioner (pendobrak pertama) pengembangan kepeting cangkang lunak di Provinsi Riau. Saya berharap, potensi ini digarap secara serius, sehingga Kabupaten Bengkalis menjadi daerah sentra kepiting Soka di Riau maupun Sumatera,” imbuhnya.

Untuk pengembangan budidaya kepeting Soka ini harus melibatkan seluruh stakeholder seperti Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maupun pihak swasta. Kedepan Pemkab Bengkalis, dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan, harus mampu mengembangkan potensi ini, sehingga menjadi komoditi handalan Kabupaten Bengkalis.

Disamping itu, pengembangan kepiting otomatis dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. Pendapatan nelayan melalui budi daya kepeting Soka akan meningkat drastis yang bisa di panen dalam 25 hari.***(war/ur)