ilustrasi pengolahan air seni
ilustrasi pengolahan air seni

Bristol (SegmenNews.com)- Peneliti tengah mengembangkan air seni untuk diubah menjadi aliran listrik yang bakal menjadi tenaga penggerak robot di masa depan.

Di masa depan, para peneliti tersebut berharap robot dapat digunakan dalam lingkungan kota untuk penginderaan jarak jauh, misalnya untuk membantu memantau lingkungan dan lainnya.

“Bahan bakarnya bisa dari WC umum atau urinal,” kata Peter Walters, peneliti dari University of the West of England, seperti dikutip Mashable.

Walters dan rekan-rekannya di University of Bristol telah menciptakan empat generasi EcoBots lebih dari satu dekade terakhir. Versi robot sebelumnya ditenagai oleh sampah, lalat mati, air limbah dan lumpur.

Tiap robot tersebut ditenagai oleh sistem microbial fuel cell, yang mengandung mikroorganisme hidup seperti yang ditemukan dalam usus manusia.

Dengan menggunakan air seni, sistem tersebut nantinya akan mencerna dan memunculkan elektron untuk menghasilkan arus listrik. Sistem ini sempat dibuktikan sebelumnya dapat digunakan untuk pengisian baterai ponsel.

Sistemnya terdiri dari 24 lapisan fuel cell yang ditumpuk bersama demi menghasilkan listrik yang cukup untuk mengisi sebuah kapasitor, yang digunakan untuk memicu kontraksi pompa jantung buatan.

Kini para peneliti berharap dapat meningkatkan efisiensi pompa tersebut untuk digunakan di generasi EcoBots masa depan.***

sumber: www.inilah.com