Jamaah Haji (JH) asal Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, H Siabah bin Yakub Lubis belum bisa pulang ketanah air
Jamaah Haji (JH) asal Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, H Siabah bin Yakub Lubis belum bisa pulang ketanah air

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Hingga saat ini seorang Jamaah Haji (JH) asal Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, H Siabah bin Yakub Lubis belum bisa pulang ketanah air Indonesia. Padahal, seluruh jemaah haji asal Rokan sudah tiba ditanah air minggu lalu.

Siabah batal pulang karena masih mendapatkan perawatan di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Makkah, setelah sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) Makkah.

Berdasarkan informasi yang kita terima selama ini dari Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Rohul H Ahmadi SHI dan H Damrah SSos, Senin (11/11/13) bahwa H Siabah bin Yakub Lubis ini telah beberapa kali dirawat di BPHI Makkah dan termasuk di BPHI Madinah ketika melaksanakan Arbaien.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD) Rohul dr Mayenru, pak Siabah selama ini terindikasi sakit jantung, dengan gejala kaki bengkak, perut mual, dan nafsu makan kurang, sehingga terpaksa harus keluar masuk rumah sakit.

Ahmadi bahkan menyatakan bahwa kondisi H Siabah sudah cukup baik, namun sehari menjelang pulang ke tanah air, setelah melaksanakan Thowaf Ifadhah, beliau sakit lagi, sehingga terpaksa tinggal di Makkah untuk dilakukan perawatan dan pengobatan.

Ahmad Supardi Hasibuan menyatakan bahwa berdasarkan informasi yang diterimanya dari petugas haji non kloter asal Riau H Zulfadli Lc MA di Makkah, jika kesehatan pak Siabah membaik, maka akan dipulangkan dengan penerbangan kloter terakhir Batam. Jika tidak bisa dengan kloter terakhir, maka ada kemungkinan dipulangkan dengan pesawat regular.

Dan jika tidak juga bisa dipulangkan dengan pesawat reguler, maka pak Siabah akan dipulangkan dengan rombongan terakhir, yaitu pesawat pengangkut petugas non kloter, sesuai jadwal pada tanggal 23 Nopember 2013, jelas Ahmad Supardi.

Ditambahkannya, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Rohul beserta Kemenag dan Pemkab Rohul, siap menunggu H Siabah baik di Batam maupun di Jakarta. Dan juga siap membawanya pulang ke Rohul, sehingga bertemu kembali dengan keluarganya. Kita berharap semoga H Siabah dapat secepatnya pulang ke tanah air dan segera berjumpa dengan keluarga, pinta Ahmad Supardi.***(r4n/rls)