dr Wildan Asfan Hasibuan MKes
dr Wildan Asfan Hasibuan MKes

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Untuk meningkatkan pengetahuan dan bimbingan kesehatan hingga kesekolah Islam. Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu menargetkan seluruh Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di Rokan Hulu miliki Kader Kesehatan.

Target itu disampaikan Kadiskes Rohul, dr Wildan Asfan Hasibuan, MKes kepada SegmenNews.com, Selasa (12/11/13) diruang kerjanya. Tahap awal, sebanyak 30 orang kader kesehatan dari 6 Ponpes akan dikukuhkan oleh Bupati Achmad di acara puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) tanggal 26 November 2013 mendatang bertempat di Gedung wanita, PasirPangaraian.

“Kedepan, Kader Kesehatan di Ponpes akan terus di kembangkan. Target seluruh Ponpes miliki Kader Kesehatan,” tegas Wildan.

Para kader kesehatan akan dibimbing langsung oleh Diskes melalui pihak Puskesmas setempat. Salah satu Guru di Ponpes akan dinobatkan sebagai Kordinator kader Kesehatan di Ponpesnya.

Kata Wildan, pembentukan kader kesehatan di Ponpes itu sangat penting untuk menekan angka gangguan kesehatan akibat lingkungan, makanan, penerangan dan lainnya di Ponpes. Sebab, sebagian besar santri Ponpes tinggal di pemondokan sekolah. Untuk itu bimbingan kesehatan perlu dilakukan.

“Kita juga akan melakukan pendekatan terhadap Pimpinan Ponpes agar pemondokan lebih maksimal, sehingga kesehatan santri lebih terjaga,” imbuh Wildan.***(r4n)