Rusli saat sidang
Rusli saat sidang

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Hari ini Rabu (13/11/2013), sidang kedua Rusli Zainal, Gubernur Riau nonaktif di Pengadilan Tipikor.

Dalam sepekan ini pro-kontra di tengah masyarakat Riau terus bergulir antara lain membicarakan masalah persidangan Rusli Zainal di Pengadilan Tipikor Pekanbaru, karena RZ tidak memakai rompi KPK. Kemudian bergulir pula tahanan tipikor tempat RZ ditahan ruangannya istimewa dan bersih, sedangkan tahanan untuk napi lainnya jorok.

Juru Bicara KPK, Johan Budi yang dihubungi wartawan Selasa (12/11/2013) mengatakan, masalah RZ tak pakai rompi KPK menjelang persidangan di Pekanbaru bukan dalam kewenangan KPK lagi, karena RZ sekarang di bawah kewenangan Pengadilan Tipikor Pekanbaru.

“Jadi ini pertama bahwa RZ sekarang dalam wewenang hakim, kedua RZ status titipan. Kalau di KPK maka RZ tetap pakai rompi KPK. Dan ketiga sekarang RZ sudah masuk persidangan maka kewenangan di bawah hakim,” tegas Johan Budi kepada pers.

Menurutnya, bisa dilihat di beberapa pengadilan di tempat lain, para terdakwa kasus korupsi juga ada yang tidak memakai rompi KPK karena para terdakwa sudah masuk pengadilan dan dalam wewenang hakim. Kalau hakim memerintahkan pakai rompi, maka pakai rompi.

Sementara pengawal KPK yang mengawal RZ beberapa waktu lalu mengatakan rompi KPK itu hilang di Lapas Kulim, dan rompi serap lupa pula dibawa dari Jakarta. Tapi katanya yang terpenting bukan rompinya, yang penting Pak RZ sudah hadir sidang. (rpc)