logo-SEA-Games-2013

Jakarta (SegmenNews.com) – Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menargetkan kontingen Indonesia meraih gelar juara umum di ajang SEA Games 2013 Myanmar. Untuk mewujudkannya, Indonesia harus merebut paling tidak sekitar 125 medali emas.

Di SEA Games tahun ini, Indonesia hanya mengikuti 33 cabang olahraga dari 34 cabang olahraga yang dipertandingkan. Dari 460 nomor yang dipertandingkan, Indonesia hanya ambil bagian di 452 nomor.

Dengan demikian, untuk mempertahankan gelar juara umum, setidaknya Indonesia harus bisa memenangi 25-30 persen nomor yang diikuti atau dengan kata lain mendapatkan 115-125 medali emas.

Namun, untuk meraih itu tentu tidaklah mudah. Apalagi tuan rumah Myanmar memiliki kelebihan tersendiri.

“Tuan rumah tentu berhak untuk memasukkan cabang-cabang olahraga dan nomor mana saja yang berpotensi mendulang emas bagi negaranya,” kata Deputi Chef de Mission Indonesia di SEA Games 2013, Asrizal Tanjung, saat ditemui di kantor KOI, Rabu (13/11/2013).

Tapi, Asrizal optimistis, dengan semangat dan upaya yang optimal dari kontingen, Indonesia pasti bisa mempertahankan gelar juara. Hal ini tak lepas dari sejumlah cabang-cabang olahraga unggulan yang dimiliki Indonesia.

“Peluang emas kita ada pada cabang olahraga beladiri, akurasi, dan cabor permainan,” ujarnya.

“Sebelumnya (SEA Games 2011) memang cabor-cabor unggulan ada pada renang, brigde, senam, voli pantai, sepatu roda, dan ski air. Tapi SEA Games kali ini beberapa cabor itu tak dipertandingkan,” terang Asrizal.

“Tapi, meski begitu kami percaya dengan persiapan yang cukup baik, kita bisa pertahanan gelar,” tuturnya.

Indonesia di SEA Games 2011 menjadi tuan rumah dan berhasil meraih gelar juara umum. Indonesia berhasil mengumpulkan 182 medali emas, 151 perak, dan 143 perunggu.

(sumber : detik.com)