jantungKELEBIHAN berat badan atau obesitas hampir selalu berdampak tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, untuk terhindar oleh berbagai penyakit, ada baiknya menjaga berat badan Anda.
Menurut sebuah studi baru dari Denmark, menjaga berat badan yang sehat sangat penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Para peneliti bahkan mengatakan hal tersebut juga berlaku untuk orang-orang yang tidak memiliki sindrom metabolik, yaitu faktor risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

“Kami mencatat bahwa orang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki peningkatan risiko serangan jantung dan penyakit lainnya, bahkan tanpa adanya sindrom metabolik,”ujar Dr Borge Nordestgaard, dikutip Foxnews.

“Dengan kata lain, orang yang kelebihan berat badan dan obesitas serta memiliki sindrom metabolik berada pada peningkatan risiko lebih tinggi terhadap masalah jantung,”jelasnya.

Sementara itu, para peneliti menjelaskan bahwa sindrom metabolik terkadang dapat dilihat sebagai kondisi tunggal. Biasanya mencakup beberapa faktor, seperti tekanan-darah tinggi, peningkatan kadar gula darah, trigliserida tinggi, dan ukuran pinggang yang besar.

“Seseorang biasanya memiliki setidaknya tiga faktor tersebut bila didiagnosis dengan sindrom metabolik,”tutupnya.***

sumber okezone