Dari kiri, Kades RBS Pajri Amin, Ka Capem Bank Riau, Tamrin, GM PT.PSA, H.M.Yusuf Siregar, Ketua KUD SURJ, H.Zulkifli Said dan masyarakat berfoto disela-sela pelaksanaan konversi.
Dari kiri, Kades RBS Pajri Amin, Ka Capem Bank Riau, Tamrin, GM PT.PSA, H.M.Yusuf Siregar, Ketua KUD SURJ, H.Zulkifli Said dan masyarakat berfoto disela-sela pelaksanaan konversi.

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- PT. Panca Surya Agrindo (PSA) kebun Tambusai anak cabang First Resources Group melakukan konversi kebun kelapa sawit pola Kredit Koperasi Primer Anggota (KKPA) tahap III seluas 111,15 hektare (ha) bersama KUD Serba Usaha Rokan Jaya (SURJ) di Desa Rantau Binuang Sakti (RBS), Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu, Sabtu (16/11/13).

Konversi tersebut merupakan salah satu Program Corporate social responsibility (CSR) perusahaan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dikatakan General Manager PT.PSA, HM Yusuf Siregar, SP didampingi HR Asisten Hardian, bahwa hingga saat ini Perusahaan telah melakukan tiga kali konversi khusus di Desa RBS, tahap awal seluas 89,90 Ha, tahap II 405,87 Ha dan tahap III hari ini seluas 111,15 Ha.

“Dengan adanya kerjasama KUD ini, Kita berharap produksi kebun plasma KKPA bisa terus meningkat dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi masyarakat di Desa Rantau Binuang sakti ini yang merupakan Desa yang berbatasan langsung dengan Perusahaan. Sehingga dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” papar Yusuf.

Lanjutnya, saat ini produksi kelapa sawit sudah mencapai lebih kurang 1.000 ton perbulannya. Tentunya kedepan produksi tersebut lebih ditingkatkan lagi

“Pihak perusahaan juga memuji kinerja KUD Serba Usaha Rokan Jaya, yang telah berperan aktif dalam hal ini serta dapat dicontoh oleh KUD lain yang bermitra dengan perusahaan,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Capem Bank Riau Koto Tengah, Tamrin, mengajak semua elemen masyarakat mendukung sepenuhnya Program yang dilakukan pihak Perusahaan tersebut. Sebab kerjasama itu, merupakan potensi sumber penghasilan bagi masyarakat Rantau Binuang Sakti guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa.

Atas percepatan pelaksanaan konversi tahap III yang dilakukan pihak PT. PSA itu, Kepala Desa setempat, Pajri Amin menyampaikan terimakasihnya kepada pihak perusahaan. Walapun masih ada sedikit kendala dilapangan, namun dengan adanya kerjasama dan komunikasi yang baik, sehingga konversi tahap III berjalan dengan baik.

“Kita ucapkan terima kasih kepada perusahaan yang sudah melakukan percepatan konversi tahap III ini. Kita berharap kerjasama dan saling mendukung antara masyarakat, kelompok tani dan perusahaan terus berjalan dengan baik,” ujarnya.

Pelaksanaan konversi tersebut dihadiri juga oleh, Manager Kebun PT.PSA, Deddy Kiswoyo, SP. Field Manager Bayu Segara Pane, Asisten Afdeling Budi Purnomo, Mantan Kepala Desa RBS, Alladdin. Ketua KUD (SURJ), H.Zulkifli Said dan Bendahara Erdison Evendi SPdi.***(r4n/rls)