Jamaah Haji (JH) asal Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, H Siabah bin Yakub Lubis saat mendapat perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS)  Makkah
Jamaah Haji (JH) asal Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, H Siabah bin Yakub Lubis saat mendapat perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) Makkah

Rokan Hulu (SegmenNews.com) Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA menyampaikan bahwa seorang Jamaah Haji (JH) Rohul atas nama H Siabah bin Yakub Lubis, alamat Batang Samo Kec Rambah, yang selama ini dirawat inap di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Makkah, setelah sebelumnya sempat dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) Makkah, tiba di Jakarta dengan pesawat Saudi Arabian Air Lines, Minggu (17/11/2013).

Dikatakannya, berdasarkan informasi yang diterimanya dari petugas non kloter asal Prov Riau H Hasan Amal dari Madinah, pak Siabah diberangkatkan dari Bandara AMAA Madinah menggunakan pesawat Saudi Arabian Air Lines, Sabtu (17/11/2013) pukul 15.00 WAS atau 19.00 WIB.

Untuk mengurus H Siabah di Jakarta, Kakan Kemenag Rohul menugaskan Kasi Penyelenggara Haji Elfalisman SAg, ke Jakarta untuk menjenguk sekaligus menjemput pak Siabah dan membawanya pulang ke Pekanbaru, untuk selanjutnya dibawa ke Rokan Hulu, diserahkan kepada keluarganya. Di Pekanbaru, pak Siabah akan diterima oleh Kakan Kemenag Rohul.

Menurut Ahmad Supardi, pak Siabah beserta Elfalisman akan berangkat dari Jakarta menuju Bandara SSK II Pekanbaru, hari ini, Minggu (17/11/2013) pukul 16.00 WIB dan diperkirakan tiba di Bandara SSK II Pekanbaru, pukul 18.00 WIB. Untuk selanjutnya dibawa ke Pasir Pengaraian.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Elfalisman, kondisi pak Siabah saat ini di Jakarta cukup sehat, tidak perlu perawatan khusus, sehingga kepulangannya ke Pekanbaru dan Rokan Hulu tidak diperlukan dokter pendamping hanya didampingi Kasi Penyelenggara Haji saja.

Berdasarkan informasi yang kita terima selama ini dari Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Rohul H Ahmadi SHI dan H Damrah SSos, bahwa H Siabah bin Yakub Lubis ini telah beberapa kali dirawat di BPHI Makkah dan termasuk di BPHI Madinah ketika melaksanakan Arbaien.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD) Rohul dr Mayenru, pak Siabah selama ini terindikasi sakit jantung, dengan gejala kaki bengkak, perut mual, dan nafsu makan kurang, sehingga terpaksa harus keluar masuk rumah sakit.***(r4n/rls)