Dua sisi memperlihatkan Piagam rekor MURI
Dua sisi memperlihatkan Piagam rekor MURI

Siak (SegmenNews.com)-  Kabupaten Siak menerima piagam penghargaan dari Museum Rekor -Dunia Indonesia (MURI) atas penyajian bubur assyura terbanyak.

Penyajian bubur assyuri itu adalah rangkaian kegiatan Tahun baru Islam 1435 Hijriah bertempat di panggung Siak bermadah. Sebanyak 1000 pemasak bubur assyura, 1000 pawai obor dan 500 kompang.

Dalam acara tersebut, Wabup Siak Drs. Alfedri, MSi melepas 1000 peserta pawai obor dari berbagai sekolah SMP/MTS se-kab. siak. Pawai yang di mulai dari SMUN.I Siak menuju Panggung Siak bermadah dengan diiringi tabuhan kompang dengan peserta 500 orang bersal dari SMU sederajat.

Di panggung Siak Bermadah langsung disambut oleh Bupati Siak. Drs. H. Syamsuar, MSi. Pawai dimulai pukul 20.00 WIB. dengan di iringi pembawa obor 1000 orang dan kompang 500 orang.

Peringatan Tahun Baru Islam ini juga di ikuti dengan pagelaran Masak Bubur Assyura sebanyak 1000 orang pemasak bubur. Peserta masak bubur assyura adalah guru-guru sekolah dan pengurus LAM Siak.

Juga utusan satker dan utusan PKK se Kabupaten Siak dengan jumlah pemasak sedikitnya 1210 orang dengan total 80 persennya adalah dari persatuan guru-guru. Bubur dimasak mulai pukul 17.00 WIB hingga 19.30 WIB. Bertempat di sepanjang kawasan wisata kuliner Turap Siak, Jalan Indragiri Kampung Rempak hingga ke halaman Panggung Siak Bermadah.

Acara tersebut dilanjutkan dengan seminar Dispora dengan peserta dari berbagai daerah termasuk pemakalah utusan dari Malaysia, yakni dari Trengganu 3 orang, Johor 1 orang, Penang 3 orang dan pemakalah dari Riau 8 orang, Jakarta 2 orang, Aceh 1 orang, Medan 1 orang, Padang dan Batu Sangkar masing2 1 orang serta dari Panitia 8 orang.***(rls)