Pekanbaru (SegmenNews.com)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau bakal mengundurkan jadwal rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) putaran kedua menjadi Jumat (6/12/2013) mendatang.

Ini karena pada Rabu (4/12/2013), sesuai jadwal semula, juga bersamaan dengan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Legislatif tingkat nasional.

Oleh karena itu, pleno tingkat KPU Provinsi ditunda dua hari karena komisoner berangkat ke Jakarta. “Karena ada kegiatan penetapan DPT makanya ditunda 6 Desember,” kata Ketua KPU Provinsi Riau, Tengku Edy Sabli, kemarin.

Edy menjelaskan, rapat pleno rekapitulasi 12 kabupaten/kota akan digelar di Hotel Aryaduta mulai pukul 14.00 WIB.

Ia juga menjelaskan, tahapan Pilgubri putaran kedua sampai kemarin masih melakukan rekapitulasi penghitungan di tingkat PPS di kelurahan dan desa.

Jadwal rapat pleno terbuka pada 28-30 November memang masih di PPS. Tapi bagi PPS yang sudah selesai melakukan rapat pleno rekapitulasi, maka bisa langsung mengantarkannya ke PPK di tingkat Kecamatan.

“Rapat pleno masih di PPS, tapi jika sudah selesai tidak harus menunggu, bisa langsung dikirim ke PPK,” katanya.

Memang jadwalnya berbeda dari pleno Pilgubri putaran pertama lalu yang harus serentak di setiap tingkatan. Di putaran kedua ini, bagi tingkatan yang selesai lebih dulu sudah bisa mengantarkan ke tingkatan di atasnya sampai ke KPU provinsi. “Jadwalnya sengaja dibuat beririsan,” kata Edy.

Dikatakan dia, 29 November hingga 1 Desember merupakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat PPK. Sedangkan di tingkat KPU kabupaten/kota penghitungan dilaksanakan 1-3 Desember. (rpc)