Jalan Soedirman Pekanbaru digenangi air
Jalan Soedirman Pekanbaru digenangi air

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Hujan deras turun pada Jum’at dini hari hingga siang ini menyebabkan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar dilanda banjir besar.

Sebanyak 12 kecamatan di Kota Pekanbaru dan beberapa kecamatan di Kabupaten Kampar terendam air dengan ketinggian yang bervariasi.

Banjir itu antara lain melanda Kecamatan Tampan, Tenayan Raya, Rumbai, Rumbai Pesisir, Limapuluh Kota, Senapelan, Sukajadi, Sail, Payung Sekaki, Kecamatan Pekanbaru Kota, serta Marpoyan Damai dan Bukit Raya.

Sementara di Kabupaten Kampar, banjir besar terjadi di Kecamatan Siak Hulu yang berbatasan dengan Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru.

Banjir menyebabkan ribuan rumah terendam dan aktivitas sejumlah warga menjadi terganggu.

Puluhan bangunan sekolah yang berlokasi di sejumlah kecamatan di dua kabupaten/kota tersebut juga terpantau turut terendam dengan ketinggian air maksimum satu meter.

Sejumlah ruas jalan utama kota juga tampak terendam, seperti Jalan Soebrantas, Soekarno Hatta dan sejumlah kawasan perumahan turut mengalami banjir.

Pantauan di beberapa kawasan perumahan di Kecamatan Tampan dan Rumbai, Pekanbaru, sejumlah warga harus memindahkan barang-barang berharga karena air menggenang hingga ke dalam rumah.

Beberapa sekolah juga terpaksa meliburkan aktivitas pendidikannya karena banyak ruang kelas yang turut terendam.

Beberapa kantor dinas pemerintahan di dua daerah kabupaten/kota juga terendam dengan ketinggian air melebihi mata kaki. Banjir juga menyebabkan sejumlah kendaraan, mobil dan sepeda motor mengalami kecelakaan.

Sejumlah warga mengaku banjir kali ini merupakan yang terparah sepanjang tahun 2013. “Daerah yang biasanya tidak pernah banjir kali ini terendam dan parah,” kata Guntur, warga Pekanbaru.***(den/knc)