Penghitungan suara KPU Riau
Penghitungan suara KPU Riau

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Rapat Pleno KPU Riau, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau nomor urut dua, Annas Maamun- Arsyadjuliandi Rahman ‘AMAN’ ungguli Pemilukada Riau putaran kedua.

Pasangan nomor urut dua ini berhasil memperoleh 1.322.327suara atau 60,75 persen sementara pasangan nomor urut 1 Herman Abdullah -Agus Widayat hanya memperoleh 854.240 suara atau 39,25 persen.

Dalam rapat pleno rekapitulasi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Jumat (6/12/2013) di Labersa Hotel, Kampar, pasangan dengan jargon AMMAN ini, unggul di 10 Kabupaten kota, yakni Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kuansing, Inhu, Inhil, Siak, Bengkalis, Siak dan Pelalawan.

Sementara pasangan Herman-Agus yang akrab dengan Jargon HEBAT hanya menguasai suara di tiga Kabupaten/Kota yakni Kota Pekanbaru, Kota Dumai dan Kabupaten Kampar. Dengan selesainya Pleno KPU ini, pasangan Annas Maamun-Arsyajuliandi Rachman dinyatakan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih.

Ketua KPU Riau, Tengku Edi Sabli mengharapkan, hasil pleno KPU ini dapat diterima oleh semua pihak. Namun begitu, ia mempersilahkan bila pasangan yang kalah, Herman-Agus menempuh jalur hukum atau melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Tadi sudah jelas dari hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU 12 Kabupaten/Kota. Kita tentu berharap hasil ini bisa diterima semua pihak. Namun kita tetap memberi ruang kepada pasangan ataupun tim yang kalah untuk melayangkan gugatan. Ada waktu tiga hari untuk gugatan setelah Pleno digelar,” tukasnya.***(den/ur)