ketua DPRD Siak, Zulfi Mursal, SH
ketua DPRD Siak, Zulfi Mursal, SH

Siak (SegmenNews.com)– DPRD Siak telah menyelesaikan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) Kabupaten Siak, tahun anggaran 2014. Pembahasan dilakukan bersama seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Siak selama 3 hari Rabu – Jumat, (4-6/12-2013) di gedung Panglima Ghimbam DPRD Siak.

“Pembahasan KUA PPAS Siak 2014 sudah kita rampungkan pembahasannya. Kini tinggal tahap berikutnya, semoga tidak ada kendala sehingga target pengesahannya APBD 2014, tercapai,” kata ketua DPRD Siak, Zulfi Mursal, SH baru-baru ini di Siak.

Menurut Zulfi, Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Siak telah mengagendakan penyampaian Rancangan APBD Siak 2014 oleh Pemkab Siak ke DRPD Siak, pada Selasa, (10/12-2013). Karena itu, ia berharap, pihak Eksekutif dapat mempersiapkan segala sesuatunya, sehingga jadwal tersebut dapat terlaksana.

Zulfi juga menegaskan bahwa DPRD Siak tetap komit untuk melakukan pengesahan APBD tepat waktu karena selain demi percepatan realisasi pembangunan di tengah masyarakat, juga agar kabupaten Siak tidak kehilangan dana alokasi umum (DAU) dari Kementerian Keuangan RI yang besarannya di tahun 2013 mencapai Rp 22 Milyar.

Zulfi melanjutkan bahwa dalam pembahasan KUA PPAS Siak 2014, sangat apresiatif, karena ada sinkronisasi antara program Pemkab dengan berbagai aspirasi pembangunan yang datang dari masyarakat yang disampaikan ke lembaga DPRD. Sinkronisasi program tersebut dinilai sangat penting guna mengantisipasi pembengkakan anggaran dalam pembahasan.

Dijelaskan, selama ini, selalu terjadi pembengkakan anggaran saat pembahasan sebagai akibat tidak dilibatkannya DPRD sedari awal. Karena itulah dilakukan pleno tentang penganggaran APBD yang dilanjutkan dengan Rakor tentang hal tersebut, sebelum dilakukannya pembahasan KUA PPAS 2014.***(adv/rin)