Pekan Budaya Kampar Dilaksanakan Pekan Depan

rapat persiapan pekan  budaya kampar
rapat persiapan pekan budaya kampar

Langgini (SegmenNews.com)– Setelah dua bulan tidak kunjung digelar, akhirnya Pekan Budaya Kampar (PBK) dilaksanakan dipenghujung tahun 2013 oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kampar dipertengahan bulan Desember.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kampar, Jawahir melalui Kabid Kebudayaan, Zainal Abidin, saat ditemui wartawan, Senin (9/12/2013) mengatakan, bahwa Pekan Budaya Kampar akan dilaksanakan pada tanggal 14-17 Desember 2013 mendatang.

“Sebenarnya Pekan Budaya Kampar ini digelar bulan Oktober setiap tahunnya. Namun, karena Kepala Dinas melaksanakan ibadah haji, terpaksa ditunda pelaksanaannya,” ungkapnya.

Agenda Pekan Budaya Kampar ini, katanya, harus tetap diadakan tiap tahunnya karena agenda tersebut telah masuk dalam kalender tahunan.

“Sampai saat ini seluruhnya sudah matang, baik mengenai administrasi maupun kegiatannya siap untuk dilaksanakan,” katanya.

Dikatakannya, pihaknya sudah dua bulan sebelum telah memberikan dan mengirim buku panduan kepada setiap kecamatan.

Dalam rangka mensosialisasikan agenda tahunan Pekan Budaya Kampar ini dengan cara mengumumkan diradio, baliho dan media cetak maupun elektronik.

“Pekan Budaya Kampar akan dilaksanakan dilapangan Pelajar, Jalan Ahmad Yani. Mengingat agar tidak terjadi macet sehingga jangan supaya menggangu arus lalu lintas, selain itu juga aksesnya dekat dengan kantor-kantor dan sekolah dekat,” terangnya.

Untuk acara yang akan ditampilkan pada PBK tahun ini yaitu berbalas pantun, komedi lawak Kampar, tari daerah, fertival komposisi musik tradisi dan pawai budaya serta pekan budaya.

“Dalam PBK ini, panitia juga mengundang kab/kota yang ada di provinsi Riau. Adapun jemputan kita seperti jemputan dari Pekanbaru, Inhu, Inhil, Siak, Pelalawan, Dewan Kesenian Kampar, Ikatan Keluarga Kampar Malasyia, Himpunan Mahasiswa Kesenian Kampar (Himaska) dan Kota Dumai.

“Selain itu juga ada temu seniman se Riau dan kegiatan ini diikuti oleh senbanyak 21 kecamatan dan organisasi yang ada di kabupaten Kampar seperti Ikatan Jawa, Minang, Nias. Batak, Tapanuli Selatan dan lain-lainnya,” ulasnya.

Untuk stand, panitia juga akan menyediakan selain bagi peserta kecamatan juga pihak dunia usaha maupun perbankan yang ingin menampilkan pada PBK nanti.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan dan melestarikan nilai-nilai budaya serta. Selain itu sebagai wadah mengali dan pelestarian nilai budaya daerah guna menciptakan produktivitas budaya daerah,” tutupnya.***(tikno)