Kejurda renang di Duri
Kejurda renang di Duri

Duri (SegmenNews.com)– Kabupaten Bengkalis berhasil keluar sebagai juara umum pada Kejurda Renang yang dilaksanakan Senin (16/12/2013) hingga Selasa (17/122013) di salah satu kolam renang milik swasta di Duri.

Keluarnya Bengkalis sebagai juara umum, mematahkan dominasi Pekanbaru dan Dumai. Para atlet pelatih, official dan para pengurus PRSI Bengkalis yang baru dilantik sehari sebelum dilaksanakannya Kejurda pun menyambut syukur prestasi gemilang ini.

Dominasi atlet-atlet renang Bengkalis ini sudah tampak dari awal pelaksanaan Kejurda. Dari 5 kelas yang dilombakan masing-masing kelas KU 5, KU 4, KU 3, KU 2, KU 1 dan senior, serta estafet 4×50 M, atlet-atlet Bengkalis sudah mendominasi kelas-kelas itu. Dominasi itu pun berlanjut hingga akhir perlombaan, hingga Bengkalis berhak menyandang predikat Juara Umum.

Ketua PRSI Bengkalis, H Abi Bahrum yang mendampingi para atlet ini mengaku bangga dengan prestasi yang ditoreh para atlet ini. Dari awal pihaknya pun sudah yakin atlet renang Bengkalis bisa menunjukkan prestasi terbaiknya, lantaran sudah melihat kemampuan atlet-atlet itu.

“Kendati kita serba kekurangan dari segi fasilitas kolam renang, tapi atlet-atlet kita bisa menunjukkan prestasinya. Makanya kedepan kita berharap ada perhatian dari Pemdakab Bengkalis untuk membangun kolam renang yang bertaraf nasional maupun internasional di Duri ini,” jelas Abi Bahrum.

Dikatakannya, atlet-atlet renang Bengkalis, rata-rata berasal dari Mandau dan Pinggir. Makanya besar harapan pengurus PRSI Bengkalis, adanya kolam renang yang bertaraf nasional, hingga atlet-atlet ini bisa lebih menunjukkan kemampuannya.

“Kita memang targetkan terbaik di Riau dan ini bukan target muluk-muluk. Atlet kita yang memang putra-putri tempatan sudah menunjukkan prestasi di tingkat nasional. Makanya ada dua orang atlet kita yang saat ini tengah berlatih di Bandung,” ujarnya lagi.

Tidak hanya sekedar di Indonesia, Abi pun punya cita-cita akan mengirim atletnya berlatih di Singapura dan Australia. Ini tak lain untuk menambah jam terbang atlet itu hingga punya prestasi yang mendunia.

“Kita yakin dengan kemampuan atlet-atlet kita. Mereka masih muda-muda, masih panjang prestasi yang bisa diukirnya,” jelas Abi.

Sementara itu, Ketua Panpel Zulpeni menjelaskan bahwa Kejurda yang diikuti oleh 12 kabupaten/kota itu memperebutkan 82 medali. Untuk pelaksanaannya diturunkan 21 pelatih yang berasal dari pelatih propinsi 1 orang , kabupaten/kota 5 orang serta pelatih dari Bengkalis 15 orang.Para pelatih ini yang mengawasi dan mengatur jalannya Kejurda.

“Alhamdulillah kejurda di Duri ini berlangsung sukses. Ini kali kedua Duri sebagai tuan Rumah. Tahun 1990 lalu juga pernah diadakan, tapi di kolam renang milik CPI,” jelas Zulpeni yang aktif melatih para atlet dari Duri.***(rud/kn)