Bupati Siak, H Syamsuar menanam pohon
Bupati Siak, H Syamsuar menanam pohon

Siak (SegmenNews.com)- Gerakan penanaman 1 Miliyar pohon dan pencanangan bulan menanam nasional kabupaten Siak tahun 2013 kembali digelar. Kampanye ini dimulai dengan penanaman pohon oleh Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi yang dipusatkan di SMA Negeri 2 Siak, Rabu (18/12/13).

Peringatan HMPI yang dilaksanakan merupakan peringatan ke 6 sekaligus melaksanakan Bulan Menanam Nasional Desember 2013. Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi dalam sambutannya menjelaskan pemusatan penanaman pohon disekolah bertujuan untuk membangkitkan semangat mulai dari kalangan pelajar untuk giat menanam pohon kemudian merawat hingga tumbuh besar dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya.

Sekaligus membangkitkan semangat dan membudayakan seluruh masyarakat untuk menanam, memelihara ekosistem hutan untuk memperbaiki dan merehabilitasi hutan khususnya di kabupaten Siak.

Bupati juga mencanangkan penanaman pohon dilingkungan sekolah. Pada saat bersamaan lebih dari 300 sekolah se kabupaten Siak menggelar penanaman pohon serentak minimal 10 batang pohon. Selain pohon-pohon yang menghasilkan buah juga dianjurkan pohon pelindung.

Bupati memberikan apresiasi khusus kepada SMP Negeri 6 Kandis yang telah berprestasi ditingkat nasional dengan mendapatkan penghargaan Adiwiyata dari Kementrian Lingkungan Hidup atas partisipasi sekolah dalam melakukan penanaman pohon dilingkungan sekolah.

Rasa optimis juga disampaikan Syamsuar apabila gerakan menanam satu miliyar pohon sebagai upaya membangun ekosistem hutan dilakukan terus menerus dengan jenis pohon yang tepat, maka kualitas lingkungan hidup akan meningkat, mencakup kebutuhan air bersih, ketahanan pangan dan ketahanan energy baru.

Kadis Kehutanan dan Perkebunan kabupaten Siak Teten Efendi dalam sambutannya mengungkapkan pencanangan gerakan penanaman pohon kali ini menanam lebih dari 3000 batang yang dilakukan diseluruh sekolah se kabupaten Siak. “Hal ini hendaknya dapat dijadikan sebagai sarana edukasi dan kepedulian terhadap lingkungan,” ungkap Teten

Hadir dalam acara tersebut Kapolres Siak Dedi Rahman Dayan, Kajari Siak Zainul Arifin, PLT Sekda Siak Syafri lenti, Kepala Kemenag Siak Muharrom, serta sejumlah pejabat dilingkup pemerintah kabupaten Siak.***(rinto/hms)