tameng polisiPekanbaru (SegmenNews.com)- Kepolisian Daerah (Polda) Riau akan menurunkan 1.587 personel untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2014 mendatang.

Dalam Operasi Lilin Tahun 2013 ini, Polda Riau dibantu personel Dinas Perhubungan sebanyak 250 orang, 224 personel dari TNI dan Satpol PP 800 orang. Jumlah keseluruhan untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru 2014 mencapai 2.861 personel gabungan.

Kapolda Riau Brigjen Pol Condro Kirono melalui Kabid Humas, AKBP Guntur Aryo Tejo kepada Metro Riau Network, Kamis (19/12) mengungkapkan, Operasi Lilin Tahun 2013 akan dimulai 23 Desember hingga 1 Januari 2014.

Usai melepas personel pada Sabtu (21/12/2013) di halaman Kantor Gubernur Riau, keseluruhan personel ini akan menjaga 98 gereja di Riau. “Apel pasukan akan kita lakukan Sabtu dan mudah-mudahan berjalan dengan lancar,” ungkap Guntur Aryo Tejo, Kamis (19/12/2013).

Selain dari Dishub, dan Satpol PP, Polda Riau juga akan mendapatkan bantuan dari pihak Jasa Raharja Pekanbaru termasuk mobil derek yang ditempatkan di pos-pos Operasi Lilin 2013 untuk membantu aparat Kepolisian.

Sementara itu, untuk jalan lintas yang dianggap rawan terjadinya aksi kriminal, Guntur mengungkapkan, pihaknya telah mengantisipasi hal itu melalui penempatan personel penembak jitu dilangkapi kendaraan roda dua yang akan berpatroli di sepanjang jalan lintas yang rawan.

“Penembak jitu juga kita tempatkan di titik-titik rawan sekitar 40 titik untuk aksi kriminal,” ungkapnya.

Untuk pengamanan gereja nantinya, setiap gereja akan ditempatkan tiga hingga lima personel dengan menggunakan senjata lengkap. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tindakan yang tidak diinginkan saat pelaksanaan ibadah nantinya.

Terkait pos-pos pengamanan, lanjut Guntur, mulai Jumat depan pihaknya sudah mendirikan posko pengamanan di beberapa titik di Kota Pekanbaru dan pihaknya berharap perayaan Natal dan pergantian tahun pada tahun ini berjalan aman dan lancar.

“Kita juga mengimbau bagi masyarakat yang merayakan natal dan tahun baru terutama yang pulang ke kampung halaman, meningkatkan kewaspadaan,” imbau Guntur.***