Bupati Siak, Syamsuar menyerahkan berita acara kepada Ketua DPRD Siak, Zulfi Mursal
Bupati Siak, Syamsuar menyerahkan berita acara kepada Ketua DPRD Siak, Zulfi Mursal

Siak (SegmenNews.com)- Kamis (11/12/13) malam, DPRD menyetujui Ranperda RAPBD Siak 2014 senilai Rp 2,6 triliun melalui sidang paripurna di gedung DPRD. Selanjutnya, APBD 2014 tersebut akan di kirim ke Provinsi guna verifikasi.

Atas kerjasama DPRD dan mempercepat pembahasan. Bupati berharap APBD Siak 2014 bisa segera disahkan.

“Ini merupakan prestasi kita yang ketiga kalinya yang harus dipertahankan dan terus ditingkatkan dimasa yang akan datang. Dengan pengesahan APBD Siak 2014 tepat waktu kami berharap pemerintah kabupaten Siak kembali mendapatkan Reward dalam bentuk Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat yang lebih besar lagi dari yang diperoleh pemerintah kabupaten siak pada tahun sebelumnya,” papar bupati.

Syamsuar menyebutkan dalam proses pengesahan tersebut telah terkuras energi dan pikiran, kerja keras yang telah dilakukan oleh legislatif. Dimulai dari pembahasan awal ditingkat komisi bersama mitra kerjanya,hingga pembahasan di tingkat badan anggaran DPRD Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) tentunya telah menghasilkan program dan kegiatan yang berkualitas melalui pembahasan secara mendalam terhadap Rancangan Anggaran Pendapatan Daerah Tahun Anggaran 2014.

“Pada pembahasan antara badan anggaran DPRD dan TAPD telah cukup banyak pendapat, saran maupun masukan yang telah saudara-saudara sampaikan kepada kami baik berupa koreksi terhadap program dan kegiatan yang telah diajukan ,maupun masukan-masukan untuk penyempurnaan serta dukungan secara langsung terhadap kebijakan pemerintah dalam upaya mewujudkan visi dan misi kabupaten Siak sebagaimana tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Siak Tahun 2011-2016,kita maklumi bersama bahwa pembahasan anggaran pendapatan dan belanja Daerah Kabupaten Siak tahun anggaran 2014 telah berjalan dengan lancar dan penuh kekeluargaan,walaupun terjadi adu argumentasi dalam menyikapi beberapa program dan kegiatan yang disampaikan oleh eksekutif,namun dinamika tersebut menunjukan kedewasaan kita dalam menyikapi pelaksanaan pembangunan dikabupaten siak,dengan berlandaskan pada semangat kebersamaan untuk kepentingan masyarakat,akhirnya perbedaan pandangan tersebut dapat disatukan,sehingga menjadi suatu kesepakatan bersama,” pungkas Syamsuar.

Dirinya pun minta kepada seluruh kepala SKPD untuk sesegera mungkin mempersiapkan kelengkapan administrasi terutama yang berkaitan dengan proses pengadaan barang dan jasa dengan baik sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga nantinya pelaksanaan program dan kegiatan dapat menerapkan prinsip anggaran yang tepat guna ,tepat waktu,serta tepat sasaran dan dengan demikian hasilnya dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

Ditempat Terpisah Ketua DPRD Kabupaten Siak Zulfi Mursal mengakui bahwa dipercepatnya pengesahan Rencana Anggaran Biaya Daerah Kabupaten Siak untuk mempercepat realisasinya Angaran yang memang menjadi utama bagi kebutuhan masyarakat. “Kita memang mempercepat Pengesahan ini untuk bisa segera di manfaatkan oleh Pemerintah terlebih kepentingan masyarakat Kabupaten Siak,”ujar Zulfi.

Politisi Partai Berlambang Matahari Ini juga menjelaskan bahwa diburunya pengesahan itu juga untuk mengejar Reward sebesar 22 miliar dari APBN Pusat. “Mudah-mudahan kabupaten siak dengan Percepatan Pengesahan ini dapat mendapatkan reward 22 miliar,” kata Zulfi.***(rinto/hms)