biogasRokan Hulu (SegmenNews.com)- Sejak diresmikannya pemakaian bahan bakar Biogas untuk penerangan sekaligus untuk kebutuhan memasak bagi para santri. Hingga saat ini santri masih menggunakannya.

Direktur Ponpes Al-Kahfi H Rasmin Damri Lubis Lc, menyatakan penggunaan biogas ini kerjasama antara Ponpes Al-Kahfi dengan Dinas Peterakan dan Pertanian Kab Rohul, sehingga ke depan, Ponpes ini akan dijadikan salah satu sentra peternakan sapi, sebab limbah atau kotoran sapi adalah bahan utama biogas ini.

Sementara itu, Camat Bangun Purba T Fauzan STTP tadi pagi menyampaikan apresiasinya dan kebanggaan yang sangat tinggi, karena ponpes Al-Kahfi selangkah lebih maju. dengan menggunakan biogas untuk masak dan penerangan. Hal ini berarti bahwa ponpes Al-Kahfi telah ikut mengatasi kekurangan pasokan listrik yang menjadi masalah selama ini.

“Saya berharap, teknologi biogas ini dapat dikembangkan secara lebih merata di Kec Bangun Purba, termasuk untuk keperliuan rumah tangga, sehingga dapat memenuhi kebutuhan listrik dan sekaligus mengembangkan peternakan di Bangun Purba. Jika ini dapat dilakukan maka ekonomi kerakyatan akan lebih hidup,” tegas Fauzan.***(r4n)