Drs H Achmad Msi
Drs H Achmad Msi

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Mulai awal tahun 2014 seluruh surat-surat resmi yang dikeluarkan instansi di Kabupaten Rokan Hulu menggunakan tanggal dan tahun hijriah.

Hal itu disampaikan Bupati, Drs H Achmad Msi saat apel, Senin pagi kemarin. Menurut Bupati, penggunaan tahun hijriah pada penyuratan untuk mengingatkan momen-momen penting dalam sejarah Islam.

“Tahun Hijriah terkandung momen penting sejarah dan peristiwa Islam. Dengan penggunaan tahun Hijriah disurat itu, maka kita dapat mengingat sejarah pentin dalam Islam,” papar Bupati.

Sampainya lagi., bahwa tahun pertama dalam kalender Islam atau Hijriyah adalah pada masa hijrahnya Rasulullah SAW. Kalender hijriyah sebenarnya telah lama ada sebelum diutusnya Rasulullah saw sebagai nabi dan rasul. Adapun Khalifah Umar bin Khattab r.a. hanya menetapkan hitungan tahunnya saja.

Sebelumnya, orang arab pra kerasulan Rasulullah Muhammad SAW telah menggunakan bulan-bulan dalam kalender hijriyah ini. Hanya saja mereka tidak menetapkan ini tahun berapa, tetapi tahun apa. Misalnya saja kita mengetahui bahwa kelahiran Rasulullah SAW adalah di tahun gajah.

Dan berdasarkan musyawarah mengenai kalender Islam, ada yang mengusulkan berdasarkan milad Rasulullah saw, ada juga yang mengusulkan berdasarkan pengangkatan Muhammad saw menjadi Rasul. Dan yang diterima adalah usul dari Ali bin Abi Thalib r.a. yaitu berdasarkan momentum hijrah Rasulullah SAW dari Makkah ke Yatstrib (Madinah).

Maka semuanya setuju dengan usulan Ali r.a. dan ditetapkan bahwa tahun pertama dalam kalender Islam adalah pada masa hijrahnya Rasulullah SAW.Sedangkan nama-nama bulan dalam kalender hijriyah ini diambil dari nama-nama bulan yang telah ada dan berlaku di masa itu di bangsa Arab.

Adapun Nama-nama Bulan Dalam Kalender Hijriyah dan artinya. Muharram (yang diharamkan atau yang menjadi pantangan) Shafar (kosong), Penamaan Shafar, karena pada bulan itu semua orang laki-laki Arab dahulu pergi meninggalkan rumah untuk merantau, berniaga dan berperang, sehingga pemukiman mereka kosong dari orang laki-laki.

Rabiu’ul Awal (rabi’ artinya menetap dan awal artinya pertama), Rabi’ul Akhir (masa menetapnya kaum laki-laki untuk terakhir atau penghabisan, Jumadil Awal jumadi artinya kering dan awal artinya pertama, Penamaan Jumadil Awal, karena bulan mi merupakan awal musim kemarau, di mana mulai terjadi kekeringan. Jumadil Akhir (musim kemarau yang penghabisan), Rajab (mulia)

Penamaan Rajab, karena bangsa Arab tempo dulu sangat memuliakan bulan ini, antara lain dengan melarang berperang. Sya’ban (berkelompok), Penamaan Sya’ban karena orang-orang Arab pada bulan ini lazimnya berkelompok mencari nafkah. Peristiwa penting bagi umat Islam yang terjadi pada bulan ini adalah perpindahan kiblat dari Baitul Muqaddas ke Ka’bah (Baitullah). Ramadhan Bulan Ramadhan merupakan satu-satunya bulan yang tersebut dalam Al-Quran, Satu bulan yang memiliki keutamaan, kesucian,. Syawal (kebahagiaan)

Dzulqaidah (dzul artinya pemilik dan qa’dah artinya duduk) Dzulhijjah (yang menunaikan haji). “Tanggal tersebut sudah seharusnya kita ketahui dengan baik agar momen-momen dalam setiap pertanggalan hijriah dapat dilaksanakan sesuai dengan momentumnnya,” tutup Bupati.***(adv/hum)