Bupati Syamsuar
Bupati Syamsuar

Siak (SegmenNews.com)- Bupati Siak, Syamsuar menegaskan bahwa empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda)yang diserahkan kepada DPRD merupakan sangat Urgen dan mendesak.

Empat Ranperda penting tersebut yakni, ranperda wajib belajar 12 tahun, pembangunan gedung, Ranperda tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan, dan Ranperda tentang retribusi memperkerjakan tenaga kerja asing.

Menurut Bupati, Ranperda wajib belajar 12 tahun di Kabupaten Siak sangat penting, mengingat kondisi penduduk saat ini mayoritas tamatan SLTP, dengan adanya ranperda ini diharapkan meningkatkan kualitas SDM dan mengurangi anak putus sekolah pada usia 18 tahun, karena ketidak mampuan orang tua.

“Kita ingin meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Siak melalui pendidikan, apalagi undang-undang nomor 23 tahun 2002 tetang perlindungan anak-anak berumur 18 Tahu kebawah berhak mendapatkan pendidikan. Melalui Ranperda wajib belajar 12 Tahun itu, diharapakan bisa meningkatkan SDM serta mendukung program pendidikan gratis di Kabupaten Siak yang telah kita laksanakan,” ungkap Syamsuar yang juga Ketua DPD II Partai Golkar ini.

Sementara Ranperda tentang retribusi memperkerjakan tenaga kerja asing, sebut Bupati, Pemerintah Pusat telah memberikan kesempatan kepada Pemkab untuk menarik retribusi bagi perpanjangan izin mempekerjakan tenaga kerja asing (IMTA).

“Kita akan mendapatkan retribusi 100 dolar perbulannya, Itukan duit yang bisa menambah PAD,” ujar Bupati.***(rinto/adv)