BOB Sosialisasi PLTG
BOB Sosialisasi PLTG

Desa Mengkapan (SegmenNews.com)- Dalam rangka memenuhi kebutuhan listrik untuk operasional BOB yang selama ini masing ketergantungan pasokan listrik dari PT. Chevron, BOB membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) berkapasitas 30 Megawatt (mw) yang terletak di lapangan Pusaka dimulai tahun 2013.

Pembangunan PLTG tersebut diperkirakan selesai pada April tahun 2014. Penggerak turbin PLTG ini berbahan bakar gas (8 hingga 9 MMSCFD) dan juga berbahan bakar cadangan berupa HSD atau minyak solar. Untuk menyalurkan gas sebagai bahan bakar penggerak pembangkit listrik, BOB membangun jaringan pipa gas sepanjang 25 kilometer dan berdiameter 6” dari Lapangan Kuat di Pulau Padang menyeberang Selat Lalang sampai ke lokasi PLTG di Lapangan Pusaka.

Sehubungan dengan pekerjaan tersebut terutama pipa gas bawah laut, BOB melakukan sosialisasi kembali pada masyarakat di Desa Mengkapan. Sosialisasi ini dihadiri sekitar 70 warga terdiri dari Kepala Desa, Ketua dan Anggota BPD, Ketua ketua RW dan RT, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat lainya. Dari Pihak BOB diwakili oleh Team Manager Engineering. Nazaruddin Rahman, Nopriandri dan M. Muhaimin dari Humas dan Manajer projek PT. Budi Daya Mandiri (PT. BDM)Aji Sudin.

Kepala Desa Mengkapan, H. Nawawi dalam sambutan pembukaan sosialisasi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BOB untuk kembali memberikan penjelasan dan pemahaman kepada masyarakat Desa Mengkapan tentang proyek pembangunan PLTG. Harapannya dengan sosialisasi yang ke 3 kalinya ini lebih dapat meningkatkan hubungan mutualisme simbiosis, sehingga masyarakat terbantu dan kelancaran operasional proyek dapat berjalan dengan baik.

Nazaruddin Rahman, yang merupakan koordinator Proyek PLTG menyampaikan tentang latar belakang BOB membangun Power Plant yang memanfaatkan gas dari lapangan migas Kuat di Pulau Padang milik PT. Kondur SA. Untuk menyalurkan gas tersebut, BOB membangun jaringan pipa gas sepanjang 25 kilometer yang terdiri dari 6 km di bawah laut dan 19 km yang ditanam melintasi Desa Mengkapan. Pembangunan jaringan pipa gas tersebut mengikuti standar yang berlaku dengan pengawasan sangat ketat dan berlapis sehingga menjamin keamanan dan keselamatan terhadap konstruksi dan operai pipa gas tersebut.

Manager Proyek PT. BDM, Aji sudin menambahkan bahwa dalam pelaksanaan pembangunan tansmisi pipa gas tersebut selalu berkoordinasi dengan kepala desa dalam rangka melakukan pemberdayaan dan pemanfaatan tenaga kerja tempatan dalam pelaksanaan projek.

Acara sosialisasi ini berjalan dengan penuh kehangatan dan terjadi komunikasi dua arah dengan adanya sesi tanya jawab dan penyampaian harapan warga yang ditujukan kepada perwakilan BOB dan PT. BDM.***(rls/rinto)