Siswa SMAN 2 Demo tolak Kepsek dimutasi
Siswa SMAN 2 Demo tolak Kepsek dimutasi

Perawang (SegmenNews.com)- Mutasi sebanyak 77 orang Kepala Sekolah yang dilakukan Bupati Siak, H Syamsuar ternyata menuai protes oleh kalangan siswa, khususnya siswa SMAN 2 di Kecamatan Tualang.

Aksi protes mereka diwarnai dengan mogok belajar dan melakukan demo. Para siswa dan siswi di SMAN 2 sepakat berkumpul dihalaman sekolah dengan membaa spanduk dan berorasi protes.

Orasi yang disampaikan serta tulisan yang ada dispanduk, mereka tidak menerima atau menolak Kepala Sekolahnya, Drs H Soritua Hasibuan dipindahkan. Mereka menyebut bahwa Drs H Soritua Hasibuan MPd yang akrab mereka panggil ayah dinilainya selain baru bertugas di SMAN 2 Tualang, mereka juga menilai bahwa kepemimpinannya sangat peduli dengan pelajar dan lingkungan sekolah.

“Kami ingin ayah tetap berada di SMAN 2 Tualang ini,” teriak mereka seraya bernyanyi “ayah siapa yang punya, yang punya SMAN 2, dengan serentak.

Aksi mereka dipantau kangsung oleh Camat Tualang, Zulkifli S Sos, Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Tualang, Zahroni MPd. Bahkan Zahroni sempat pula memberikan penjelasan untuk menenangkan peserta didik.

“Pindah memindah di lingkungan PNS adalah suatu hal yang wajar dan harus dipatuhi oleh setiap PNS. Tetaplah anak-anak belajar sebagaimana biasanya,” himbau Zahroni.

Namun penjelasan Zahroni tidak digubris siswa, mereka tetap bertahan di lapangan. Demikian juga penjelasan yang disampaikan oleh Kepala UPTD tidak digubris.

Suasana sempat haru. saat mantan kepala sekolah mereka, Drs H Soritua Hasibuan MPd tiba di sekolah, sejumlah siswa dan siswi juga para guru menangis tersedu-sedu. Suasana sempat hening, yang terdengar adalah suara tangisan, sebelum memeluk mantan Kepsek.

Ternyata kedatangan mantan Kepsek itu membuata suasana menjadi cair. Tidak terdengar lagi suara gaduh. Setelah diberi penjelasan Kepsek para siswa membubarkan diri sekitar pukul 11.00 Wib.***(rinto)