Pancaroba, Nahkoda dan Nelayan Bengkalis Diingatkan Waspada

Pelabuhan Bandar Sri lanka Bengkalis (net)
Pelabuhan Bandar Sri lanka Bengkalis (net)

Bengkalis (SegmenNews.com)- Syahbandar Wilayah Kabupaten Bengkalis, Muhammad Fikri mengingatkan kepada nelayan nahkoda kapal agar berhati-hati dan terus Waspada terhadap cuaca Pancaroba yang mengakibatkan gelombang laut meninggi dan berubah-ubah.

“Kita sudah mengingatkan kepada masyarakat yang berlayar agar meningkatkan kewaspadaan saat melaut begitu juga kepada kapal logistik,” papar Fikri, Kamis (9/1/14).

Menurut Fikri, akibat pancaroba gelombang laut tak menentu. Pagi hari bisa saja cerah, sedangkan disiang ari bisa mendung dan gelombang laut meninggi. Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan pantauan pelayaran dari Bengkalis maupun yang akan datang ke Bengkalis, Selatpanjang, Dumai, Pekanbaru serta Malaysia.

“untuk pemantauan, kita sudah menugaskan 8 orang ditiga titik untuk memantau pelayaran, yakni di Pelabuhan Bandar Sri Laksamana 4 orang, Pelabuhan penyeberangan RoRo Air Putih Sai Selari 2 orang dan di Pelabuhan Internasional Selatbaru 2 orang,” jelasnya.

Lanjutnya, pihak syahbandar tidak memberi izin kepada nahkoda yang akan berlayar di cuaca buruk walaupun nahkodanya ngotot berlayar. Hal itu demi keselamatan penumpang.***(wan/ur)