ayatPekanbaru (SegmenNews.com)- Meski sempat vakum, Pemerintah kota (pemko) Pekanbaru segera akan mengaktifkan lagi program Pengentasan rakyat miskin (Pentaskin). Walikota selaku Ketua dan Wakilnya selaku penaggung jawab sudah membentuk tim- tim kordinasi pentaskin di kota Pekanbaru.

Wakil Ketua Ayat Cahyadi, Kamis (8/1/14) mengakui meski tingkat kemiskinan di Pekanbaru menurut BPS rendah yakni 3,19 persen. Namun Pemko serius akan menanggulangi kemiskinan dengan semampunya. “Pola pentaskin yang akan di garap kedepan akan disinergikan dengan program PNPM,” ujar Ayat.

Untuk menjalankan itu semua, pemko kini masih dalam tahap melakukan pendataan terhadap masyarakat miskin.Diharapkan Akhir Januari 2014 akan tuntas. “Sekarang sedang mendata melalui bapedda, target Januari 2014 selesai setelah itu di setiap Kelurahandata ini akan di uji publick. Kalau sudah valid ini akan di sk kan oleh Walikota dan tiap tahun datanya di up date,” urainya.

Masih kata Ayat, tujuan Data ini akan menjadi dasar setiap SKPD untuk memberikan bantuan. “Seluruh program SKPD harus mengacu kedata ini nanti, baik dari pemprop atau pun CSR perusahaan,”tandasnya.

Seiring dengan itu juga, wawako kini sedang membentuk komunitas belajar Perkotaan. Kantor sekretariatannya gabung di kantor wakil walikota. Komunitas belajar perkotaan ini adalah wadah untuk menampung idea-idea cemerlang para relawan tentang pembangunan kemiskinan.

Relawan ini di carikan, siapa saja yang berasal dari semua unsur. “Siapa saja boleh bergabung di komunitas ini memberikan sumbangsihnya dalam menjalankan program kemasyarakatan, bahkan saya juga berharap rekan-rekan wartawan ikut bergabung secara sukarela,” tutupnya.***(son/ur)