Rapat Baznas Rohul
Rapat Baznas Rohul

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Rokan Hulu menargetkan pengumpulan zakat tahun 2014 sebesar Rp.3,5 M. Hal itu ditetapkan mengingat potensi zakat di Rokan Hulu mencapai Rp 4 M.

Demikian diungkapkan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Rokan Hulu, Ir.H.Sam Rikardo,M.Si dalam rapat evaluasi tahunan pengurus di aula mini kantor Baznas Rokan Hulu di Purna MTQ Provinsi Riau Pasir Pengaraian, Rabu (15/1/14).

Dihadapan pembina Baznas Rokan Hulu, Drs.H.Ahmad Supardi,MA dan pengurus, Sam Rikardo menegaskan, terget Rp 3,5 M optimis akan bisa dicapai jika kinerja seluruh pengurus lebih ditingkatkan.Seperti upaya sosialisasi bisa lebih gencar dan diefektifkan kembali.

Selain itu juga potensi zakat para PNS di Rokan Hulu juga masih bisa ditingkatkan, karena sampai saat ini baru lebih kurang 85 persen PNS yang menyalurkan zakat profesinya ke Baznas Rokan Hulu.

Lebih lanjut dikatakannya, pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dalam upaya menggenjot pengumpulan zakat dinilai masih perlu menjai perhatian serius. Karena dari 800 UPZ yang ditargetkan baru 300 UPZ yang terealisasi dengan rincian, dari 8 Instansi vertikal di Rohaul baru 3 yang sudah membentuk UPZ, Kacamatan 16 UPZ yang terbentuk baru 13, Desa kelurahan 153 yang terbentuk baru 3 UPZ, perbankan 8 baru 1 yang terbentuk, masjid dan mushallah 615 yang terbentuk baru 285, perusahaan 100 baru terbentuk sebanyak 2 UPZ. Artinya kata Sam Rikardo ada sekitar 593 potensi pembentukan UPZ yang meski direalisasikan tahun 2014 ini.

Seperti tahun sebelumnya, pendistribusian zakat tahun 2014 ini tidak jauh berbeda. Seperti pembangunan Rumah Layak Huni (RLH), bantuan modal produktif, bantuan konsumtif, bantuan pendidikan beasiswa, bantuan fii sabilillah dan lainnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Rokan Hulu yang juga penasehat Baznas Rokan Hulu, Drs.H.Ahmad Supardi dalam arahanya mengatakan, sebelum menetapkan target mestilah dilakukan dulu evaluasi secara detail sehingga apa kekurangan yang perlu ditingkatkan untuk mencapai target tersebut bisa dilakukan.

Selain itu Ahmad Supardi mengingatkan pengurus Baznas Rokan Hulu menyiapkan laporan keuangan baik penerimaan dan pendistribusian. Hal ini penting mengingat yang dikelola ini adalah dana Zakat yang mesti ada administrasi transparan, jelas dan akuntabel.***(r4n/rls)