rambahRokan Hulu (SegmenNews.com)- Sempena Hari Ibu ke- 85, Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi memimpin langsung pelaksanaan upacara di Kecamatan Rambah, Rabu (22/1/14).

Bupati memberikan apresiasi kepada perangkat Kecamatan Rambah, sebab Peringatan Hari Ibu Ke-85 di Kecamatan Rambah merupakan termeriah dari 16 Kecamatan se-Rokan Hulu.

Bupati berharap, Hari ibu yang bertemakan “Peran Perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan demokrasi yang demokratif dan pembangunan inklusiv” ini menjadi awal peningkatan peran perempuan diluar rutinitasnya sebagai ibu dan istri dirumah.

Kemudian kepada TP PKK Rambah, Bupati meminta agar terus meningkatkan peran ibu di masa-masa yang akan datang. Sehingga peran perempuan tidak ada perbedaan dan seimbang dengan pria, baik itu di intansi pemerintah maupun di legislatif.

Kesempatan itu Bupati juga menguraikan sedikit tentang percakapan antara Rasulullah SAW, ketika sahabat bertanya siapa yang harus dimuliakan, maka Nabi Muhammad SAW menjawab bahwa yang akan dimuliakan yakni “Ummi, bahkan sampai tiga kali.

Hal itu mengisaratkan betapa pentingnya peran seorang ibu yang harus dihormati. Maka di momentum Hari Ibu ini, mereka harus  mendapatkan pengakuan dan eksis, selain juga mereka harus melaksanakan tugas sebagai ibu rumah tangga, pelayanan kasehatan keluarga, dan memberikan pendidikan untuk anaknya selain juga harus bermasyarakat.

Usai memimpin upacara Hari Ibu di halaman Kantor Camat Rambah, Bupati menyerahkan bantuan berupa baju kader posyandu dan penyerahan hadiah lomba administrasi PKK, administrasi Dasawisma, lomba pidato antar ibu-ibu PKK, albarzanji, lomba pacu goni, tarik tambang dan, bantuan siswa kurang mampu berpretasi tingkat, SLTA, SLTP, SD dari usaha simpan pinjam PKK Kecamatan Rambah. Seterusnya bantuan dana hibah  gerobak sorong dari Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Dikoperindag) Rohul.***(r4n/adv)